Burning file video ke CD menggunakan Nero Versi 8


Latar Belakang :

Ada saudara saya yang minta tolong kepada saya untuk dibuatkan video album photo yang dapat diputar di CD player dan ada back sound lagu-lagu pilihan. Agar saat melihat videonya tidak bosan karena bisa sambil mendengarkan lagu.

Tahap Pembuatan “Proyek” Video :

Saya membuat video album photo menggunakan Windows Movie Maker. Dalam tutorial ini saya tidak akan membahas cara membuat videonya. Karena saya asumsikan bahwa anda sudah mempunyai sebuah file video yang siap untuk di burning :)

Format File Video :

Setelah video dibuat atau anda sudah mempunyai file video dengan format avi, mpg, mpeg,  mp4, dan wmp. Maka tahap selanjutnya adalah memburning file video tadi kedalam sebuah keping VCD menggunakan software Nero 8. Khusus untuk file wmp adalah format file video yang dihasilkan oleh software Window Movie Maker.

Tahap Burning Video :

Saya asumsikan anda sudah menginstall software Nero 8 yaitu software yang biasa digunakan untuk burning data kedalam keping VCD atau DVD. Untuk selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan file video
  2. Buka software Nero 8 pada Start menu>All Programs>Nero 8 >Nero StartSmart
  3. Kemudian pilih tab menu “Rip and Burn”, kemudian pilih menu “Burn Video Disc”.
  4. Kemudian pilih menu “Video/Picture”, kemudian pilih menu “Video CD”.
  5. Setelah itu klik tombol “Add” untuk memilih file video yang akan di burning. Setelah itu klik tombol “Next”.
  6. Kemudian anda atur tampilan layout VCD yang nanti akan di burning. Kemudian klik tombol “Next”.
  7. Setelah itu jangan lupa siapkan keping CD R/CD RW untuk burning video tersebut.
  8. Silahkan tunggu sampai proses burning selesai
  9. Jika proses burning sudah selesai, silahkan coba jalankan keping VCD hasil burning tadi kedalam VCD player anda.
  10. Selesai

Depok, 23-10-2010

 

noname

5 Responses

  1. Yehooe…Yang ini saya dah pas membuatnya. Cuma belum buat satu family album untuk dicopy ke 1 cd kosong. Saya belum beli cd kosong lagi. Gambar-gambar kenangan juga belum saya scan kesemuanya ke komputer agar dapat dicopy ke cd dengan latar lagu. Huhuhu…seronoknya saya ketika belajar yang ini seorang diri pada bulan yang lepas. Asyik sekali sampai saya tak sedar, sudah berjam-jam masa yang saya habiskan di depan komputer.

    • saya senang mendengarnya.

  2. Trims..
    .Sangat membantu….

    • sama2… mas :)

  3. teima kasih atas ilmu yang sangat berguna ini, semoga bisa saya bagikan juga ke orang2 dikator saya.
    terima kasih banyak.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 537 other followers

