Software Peniru Suara Orang


Gelombang Suara

Latar Belakang Pemikiran

Saya menulis artikel ini terinspirasi sebuah iklan dimana pengisi suaranya menirukan suara orang terkenal (Obama). Kita tahu bahwa ada orang yang bisa menirukan suara orang lain. atau ada burung beo yang jika dilatih bisa menirukan suara manusia. atau jika anda pernah menonton film kartun Conan, anda pasti tahu bahwa si detektif kecil mempunyai alat berupa dasi kupu-kupu yang bisa  menirukan suara orang.

Oleh karena itu, Saya sebagai seorang programmer pemula mempunyai pemikiran bagaimana jika membuat sebuah software atau perangkat lunak yang dapat menirukan suara orang lain yang dijadikan sebagai sample audio.

Tujuan Pemikiran

Adapun tujuan dari pemikiran saya ini adalah :

  1. Dalam bidang komersial. Dapet dijadikan sarana promosi produk. Artinya ini akan menggantikan cara konvensional yang biasa dilakukan oleh orang-orang advertising. yang biasa mencari orang yang mempunyai suara mirip dengan suara orang terkenal. kemudian menjadikan orang tersebut sebagai pengisi suaranya atau backsound. misalnya suara Obama, atau suara pidato seorang pahlawan.
  2. Dalam bidang keamanan. Bukan sebagai media untuk menyamarkan suara lagi, tapi sebagai peniru suara.
  3. Dalam bidang hiburan. Misalnya di sebuah tempat karaoke ada software seperti ini. jadi pengunjung bisa iseng-iseng mengubah output suaranya menjadi suara penyanyi terkenal.

Kerugian Software

Teknologi adalah 2 buah mata pisau. bisa digunakan untuk kebaikan juga bisa digunakan untuk kejahatan atau pelanggaran. menurut pemikiran saya beberapa kerugiannya diantaranya :

  1. Dalam bidang komersial atau hiburan. apakah tidak melanggar hukum atau hak cipta karena telah menggunakan suara orang lain.
  2. Dalam bidang hukum, Software ini bisa dijadikan alat ‘penipu’. misalnya ada orang yang menelpon dengan suara seorang presiden, atau seorang menelpon untuk memesan barang dengan menggunakan suara orang lain.
  3. Dalam bidang security. misalnya ada sebuah pintu otomatis menggunakan“BioIdentity” berupa pengecekan suara. maka orang dapat menggunakan software ini untuk menirukan suara orang yang mempunyai hak akses untuk masuk.
  4. Dalam bidang sosial, orang yang mempunyai suara mirip dengan suara orang terkenal tidak terpakai lagi jasanya.

Algoritma Software

  1. Masukan sample suara orang terkenal. bisa didapat dengan cara merekam langsung dari orang tersebut atau dari televisi atau radio.
  2. Software akan menganalisa gelombang  suara, intonasi, warna suara, logat.
  3. Software akan menyimpan semua parameter suara orang terkenal tersebut.
  4. Untuk menguji coba kemiripan suara, user mengetikan sebuah kalimat didalam software itu. misalnya kata “Halo Apakabar. Saya Obama”
  5. Software akan membaca kalimat tersebut, dan memasukan kalimat tersebut kedalam parameter suara orang terkenal.
  6. Output yang dihasilkan adalah suara Presiden Obama yang mengucapkan kata “Halo Apakabar. Saya Obama”.
  7. Bisa menyimpan hasil suara tersebut.
  8. Selesai.

Sekian artikel dari saya, hanya sebuah pemikiran saya semata. semoga bermanfaat untuk anda semua :)

Depok, 10-11-2010

 

noname

About these ads

4 Responses

  1. Bagus jika software seperti itu dapat dihasilkan tapi penggunaannya harus terkawal. Tapi mungkin lebih berkualiti jika menjadi diri sendiri, tidak menyamar dan tidak meniru.

  2. tapi apakah semua suara tiruan itu bisa di masukan kedalam sebuah alat dan ditempelkan di leher kita . sehingga jika kita bicara suara tiruan yang keluar ?

  3. Mas, Apa Nama Software nya…?

  4. pemikiran yang bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 480 other followers

%d bloggers like this: