Mengetahui tanggal lahir pada kalender Hijriah


Latar Belakang

Kadang kita ingin tahu tanggal kelahiran kita di tahun masehi bertepatan dengan tanggal berapa pada kalender hijriah. misalnya saya lahir tanggal 12 September 1987 setelah saya cek ternyata saya bertepatan dengan tanggal 18 Muharram 1408 H. jadi ulang tahun saya bisa dua yaitu tanggal 12 September atau tanggal 18 Muharram…hehehe

Kalender Online

Berhubung sekarang sudah jamannya serba online, maka ada aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengkonversi dari tahun masehi (gregorian) ke tahun hijriah atau sebaliknya.  nama situsnya adalah www.islamicfinder.org

Cara Penggunaan

  • Pilih tipe konversi tanggal (masehi-hijriah / hijriah-masehi)
  • Masukan tanggal lahir
  • Klik tombol convert
  • Lihat hasilnya
  • Selesai

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Depok, 5-10-2011

noname

9 Responses

  1. sebelumnya terimakasih atas tutorial” yang mas berikan,karena sangat bermanfaat bagi saya yang sedang belajar php dan mysql.
    klo saya boleh reques,mas ada tutorial cara buat aplikasi kalender hijriah dengan php dan mysql gak,soalnya saya berniat ingin memasukkan kalender hijriah pada website saya…

  2. syukran katsiran

  3. izin copy pak..,untuk di publikasikan

  4. aku udah coba but keknya salah tuh..
    masak d tahun masehi aku 19 tahun, d tahun hijriyah aku 21 tahun.. gimana menurut kamu?

    • benar, soalnya ada selisih 12 hari dalam satu tahun dimana sistem hijriah lebih pendek harinya.

  5. Saya lahir tgl 13 sya’ban thun 1994
    Bertepatan dgn tgl berpa dan bulan apa ?

    • Saya lahir tanggal 20 bulan rajab tahun 1989 jatoh nya tanggal berapa ya dan bulan apa

    • assalamu’alaikum, yang saya tahu semua tanggal, bulan, dan tahun masehi dikonversi ke tanggal, bulan, tahun hijriyah.

      http://blog.al-habib.info/id/2009/07/kapan-hari-lahirmu-dalam-kalender-hijriyah/

  6. tanggal masehi blog ini tidak sama dengan tanggal masehi di http://www.islamicfinder.org. tanggal masehi di http://blog.al-habib.info juga tidak sama dengan tanggal masehi http://www.islamicfinder.org. mana yang lebih benar?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 537 other followers

