Taman Agrowisata Cilangkap – Sarana Edukasi dan Rekreasi Keluarga


Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya. (HR. Al-Bukhori)

Latar Belakang

Saya merasa prihatin dengan kondisi taman Agrowisata Cilangkap. kondisi terakhir saat saya berkunjung hari minggu untuk berolah raga disana, banyak sampah berserakan karena di dalam terdapat para pedagang yang berjualan setiap hari minggu.

Ditambah dengan fasilitas tempat sampah yang tidak memadai. sehingga pengunjung disana tidak ragu untuk membuang sampah sembarangan.

Menurut saya taman Agowisata Cilangkap belum berfungsi sebagaimana mestinya.

Definisi Agrowisata

Agrowisata merupakan bagian dari objek wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek wisata. Tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi, dan hubungan usaha dibidang pertanian.

Melalui pengembangan agrowisata yang menonjolkan budaya lokal dalam memanfaatkan lahan, kita bisa meningkatkan pendapatan petani sambil melestarikan sumber daya lahan, serta memelihara budaya maupun teknologi lokal (indigenous knowledge) yang umumnya telah sesuai dengan kondisi lingkungan alaminya.

Program Agrowisata

Pengembangan agrowisata dapat diarahkan dalam bentuk ruangan tertutup (seperti museum), ruangan terbuka (taman atau lansekap), atau kombinasi antara keduanya.

Tampilan agrowisata ruangan tertutup dapat berupa koleksi alat-alat pertanian yang khas dan bernilai sejarah atau naskah dan visualisasi sejarah penggunaan lahan maupun proses pengolahan hasil pertanian.

Agrowisata ruangan terbuka dapat berupa penataan lahan yang khas dan sesuai dengan kapabilitas dan tipologi lahan untuk mendukung suatu sistem usahatani yang efektif dan berkelanjutan.

Komponen utama pengembangan agrowisata ruangan terbuka dapat berupa flora dan fauna yang dibudidayakan maupun liar, teknologi budi daya dan pascapanen komoditas pertanian yang khas dan bernilai sejarah, atraksi budaya pertanian setempat, dan pemandangan alam berlatar belakang pertanian dengan kenyamanan yang dapat dirasakan. Agrowisata ruang terbuka dapat dilakukan dalam dua versi/pola, yaitu alami dan buatan.

Menjaga Kebersihan Taman

  1. Untuk mengatasi masalah sampah saya mengusulkan untuk ditambah tempat sampah (organik-anorganik) khususnya dekat dengan pedagang, sehingga sampahnya tidak berceceran.
  2. Di buat slogan yang edukatif dan menarik yang berisi himbauan untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman.
  3. Disana juga biasanya ada ibu-ibu yang mengadakan senam kesehatan jasmani. diusulkan agar instruktur senam menghimbau dan mengajak peserta senam setelah selesai senam untuk memungut sampah yang ada di sekitarnya dan menyimpan pada tempat sampah yang sudah disediakan.

Pengenalan Tanaman

  1. Pengelola taman Agrowisata mengadakan pameran tanaman unik dan menarik seperti tanaman obat, bonsai, dan tanaman buah cangkok.
  2. Pengelola taman Agrowisata mengadakan bazar hasil pertanian murah seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan jus segar.
  3. Pengelola taman Agrowisata membuat program seribu tanaman yaitu anak-anak menanam tanaman buah-buahan di lokasi agrowisata yang nanti bisa di ambil hasilnya.
  4. Pengelola mengadakan workshop atau pelatihan bercocok tanam yang praktis kepada masyarakat seperti teknik mencangkok.
  5. Pengelola mengadakan workshop atau pelatihan pembuatan pupuk organik dari sampah daun.

Yang diharapkan

Taman Agrowisata adalah aset penting yang didalamnya terdapat unsur edukasi yang mengajari masyarakat khususnya generasi muda untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kelestarian tanaman sebagai paru-paru bumi.

Perlu adanya standarisasi program-program taman agrowisata serta peran aktif pengelola agrowisata untuk mengembangkan potensi taman agrowisata sehingga berfungsi sebagaimana mestinya dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk msyarakat.

Referensi

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cilangkap, 04-05-2013

GusnaNuri

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 537 other followers

%d bloggers like this: