pelangi~lambang perdamaian


Banyak orang yang melambangkan burung merpati sebagai lambang pembebasan atau lambang perdamaian. Tapi menurut saya, lambang perdamaian itu adalah pelangi.

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa mesti pelangi?. Saya mengambil pelangi sebagai lambang perdamaian karena menurut pengamatan saya pribadi. saya terinspirasi dengan kenangan saya saat masih duduk dibangku SD. Hari itu hujan sangat deras. Dan setelah selesai hujan sayapun pulang sekolah. Diperjalanan saya melihat pelangi. Subhanalloh mahasuci alloh pencipta alam semesta. Sungguh indah pelangi diwaktu itu. Andai saya dapat melukiskannya untuk anda, namun sayang keindahannya tak terlukiskan.<maaf saya kok jadi curhat sich….>

Kembali ke pokok pembahasan. Terlepas dari kenangan saya tadi tentang pelangi. saya mempunyai alasan mengapa saya jadikan pelangi sebagai langbang perdamaian.

1.      Dilihat dari nilai estetika, pelangi terbentuk dari beberapa warna yang sangat cantik, dan membentuk satu garis lengkung. Melambangkan suatu persatuan. Sama seperti bunyi “Bhineka Tunggal Ika”.

2.      Pelangi umumnya muncul saat setelah hujan turun. Yang melambangkan suatu bentuk kasih sayang tuhan kepada makhluknya yang telah menurunkan hujan sehingga memberikan kesuburan di bumi-Nya.

3.      Pelangi juga biasanya muncul dekat dengan sungai. Melambangkan kelestarian alam. Tapi sayang, sekarang sungai sudah tercemar oleh keserakahan manusia. Sungai yang tadinya jernih menjadi kotor, hitam legam. Sehingga pelangipun tidak muncul karena sungainya yang biasa memantulkan bias cahaya pelangi telah kotor. Ini bukti bahwa manusia sudah tidak berdamai lagi dengan alam dan lingkungan.

4.      Sekarang saya sudah jarang atau bahkan tidak pernah melihat pelangi lagi. Sejak saya mendengar banyaknya peperangan, walaupun peperangan sudah ada sejak saya belum lahir. Tapi sekarang saya merasa menusia lebih senang berperang dengan mengatasnamakan perdamaian. Dan manusia sendiri telah melampaui batas-batas kemanusiaan.

Jadi apakah kesimpulan yang bisa kita ambil dari alasan-alasan saya mengenai pelangi sebagai lambang perdamaian.

1.      Kita harus mulai berdamaian dengan alam dan lingkungan. Jangan merusak sungai, karena sungai adalah nadi kehidupan.

2.      Jangan merusak hutan, karena hutan adalah paru-paru dunia.

3.      Hentikan peperangan, karena peperangan hanya menimbulkan kepedihan dan kesengsaraan.

 

Semoga kita masih dapat melihat pelangi yang indah.

 

 

noname

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: