Sakit kepala


Tulisan ini hanya sebuah hasil pemikiran pribadi jangan terlalu dipercaya. Setiap orang pasti  pernah merasakan yang namanya sakit kepala. Pada tulisan ini saya akan menjelaskan tentang sakit kepala ringan berdasarkan pemikiran saya.

A.     Fungsi kepala.

Kepala adalah tempat system saraf pusat manusia termasuk jenis binatang tertentu. Di otak semua input baik berupa gambar, gambar gerak, suara, perbedaan suhu dan lain-lain diolah guna menghasilkan informasi. Agar lebih jelas berikut diagramnya :

Dataàdi input melalui panca inderaàdi proses oleh otakàdihasilkan outputàoleh organ tubuh.

Otak tersusun dari saraf-sarat otak, dan saraf sendiri bekerja berdasarkan arus listrik. Jadi ketika proses berpikir berjalan maka diotak kita terdapat istilahnya “Kabut listrik” normal.

B.     Penyebab sakit kepala

Setelah kita sedikit membahas tentang fungsi otak. Langsung saja kita kepokok pembahasan tentang penyebab sakit kepala di antaranya :

A.     Semua organ tubuh kita bekerja dengan sistem syaraf dan syaraf bekerja berdasarkan arus listrik. Saat proses berpikir dikepala kita terdapat “kabut listrik” normal. Dan ini menjadi tidak normal jika dikepala kita sudah kelebihan arus listrik akibat terlalu berpikir keras misalnya saat menghadapi ujian, menyalesaikan tugas kantor yang menumpuk, atau menyelesaikan masalah keluarga. Sehingga arus listrik yang dihasilkan mengakibatkan sel-sel otak “tersengat arus listrik” yang ada di otak sehingga kita merasakan sakit kepala.

B.     Oksigen adalah unsur penting yang dibutuhkan manusia saat bernafas karena oksigen digunakan untuk proses metabolisme sel-sel tubuh. Oksigen di alirkan keseluruh tubuh termasuk ke otak dengan bantuan darah (sel darah merah). Sehingga jika tubuh atau otak kita kekurangan oksigen misalnya disebabkan karena ditutup mulut dan hidungnya, atau tercekik, sehingga dalam fase ringan kita akan merasakan sakit kepala karena otak kita kekurangan oksigen dan sel-selnya akan rusak. Bahayanya jika ini berlangsung beberapa menit atau lebih lama, maka bisa mengakibatkan kematian pada makhluk tersebut.

C.     Mencegah Sakit kepala.

Setelah kita mengetahui penyebab sakit kepala maka ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah sakit kepala diantaranya :

1.      Cobalah untuk tenang saat kita berpikir atau saat menghadapi masalah yang berat agar menetralisir “kabut listrik” yang ada dikepala kita..

2.      Saat kita berpikir berat cobalah untuk mengimbanginya dengan bernafas yang cukup dan normal. Karena tanpa disadari saat kita berpikit berat, maka frekuensi nafas kita berkurang. Akibatnya suplai oksigen ke tubuh dan otak kitapun ikut berkurang dan itu bisa menyebabkan sakit kepala.

3.      Jika kita sudah terlanjur merasakan sakit kepala, maka disarankan untuk melakukan gerakan sujud dilantai. Gunanya untuk menyalurkan darah lebih banyak ke otak sehingga suplai oksigen ke otak bisa tercukupi.

4.      Olah raga yang teratur, hubungannya dengan sakit kepala adalah karena saat berolah raga frekuensi nafas kita meningkat dan metabolisme kita berjalan lebih cepat dan itu berguna untuk menggantikan oksigen yang sudah “kotor” dengan oksigen yang “segar” sehingga bisa mencegah sakit kepala.

Itulah pembahasan tentang sakit kepala mohon. Maaf bila saya sok tahu ataupun mengada-ada. Karena semua itu bersumber dari pengalaman dan pemikiran saya semata. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Depok, 16-9-07-Minggu

noname

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: