Tiga Prinsip Hidup


Pertama kali saya mendengar tiga prinsip hidup ini dari KH.Abdullah Gymnastiar(Aa Gym) tiga prinsip hidup manusia itu adalah zikir, pikir, dan ikhtiar. Dan saya pikir memang betul 3 kata ini adalah prinsip pokok hidup manusia dan penulis akan mencoba untuk menjelaskannya dengan bahasa dan pemikiran penulis sendiri

  1. Zikir adalah tugas pokok manusia sebagai hamba tuhan selama hidup di dunia. Pengertian zikir adalah ingat. Artinya manusia harus selalu ingat kepada Alloh yang telah menciptakannya dengan cara beribadah yang telah di atur oleh Alloh sebagai wujudpenyembahan diri kita kepada Nya. Tetapi pertanyaan nya kenapa kita harus menyembah Alloh? Karena manusia sangat membutuhkan Alloh di dalam hidupnya. Alloh yang telah menghidupkan kita, memberi makan kita, yang mematikan kita, dan kepada Nyalah kita akan kembali, jadi hidup kita sangat bergantung kepada Nya.
  2. Pikir adalah aktivitas manusia dalam mencari, memahami, suatu informasi sehingga ilmu itu dapat di aplikasikan dalah kehidupan manusia. Kita tahu mulai dari kecil kita sudah di sekolahkan sampai keperguruan tinggi (bila yang beruntung) dan di ajarkan mengaji. Yang penulis perhatikan mengenai prinsip Pikir atau mencari ilmu sekarang di bagi menjadi dua pandangan : pertama, orang yang mencari ilmu semata-mata untuk bekal dalam mencari nafkah karena sekolah itu ujung-ujungnya untuk mencari kerja. Kedua, orang yang mencari ilmu semata-mata karena perintah Alloh dan ilmunya di amalkan untuk mencari nafkah yang halal.
  3. Ikhtiar atau dalam arti lain adalah bekerja atau berusaha. Seperti halnya prinsip Pikir, ikhtiar juga dibagi menjadi 2 pandangan : pertama, seseorang beriktiar atau berusaha semata-mata untuk bertahan hidup, dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Kedua, selain untuk bertahan hidup tetapi seseorang juga berikhtiar untuk bekal beribadah kepada Alloh, karena tidak mungkin kita beribadah tanpa didukung sarana dan prasarana seperti mesjid, pakaian, untuk sholat uang/harta untuk zakat, pesawat untuk mengantarkan kita ketanah suci, dan lain-lain yang semua itu dicapai dengan bekerja atau berikhtiar.

Diagram

Penjelasan Diagram :

  • Diagram Piramida. Dari ketiga prinsip hidup manusia tadi, penulis dapat menggambarkan hubungan ketiganya dengan menggunakan 2 diagram. Yang pertama adalah diagram piramida dimana zikir menempati posisi paling atas, dan yang paling bawah adalah ikhtiar sedangkan pikir berada diantara zikir dan ikhtiar.
    Yang menarik disini, mengapa pikir berada di antara kedua prinsip yaitu zikir dan ikhtiar. jika di ibaratkan, pikir seperti jembatan yang menghubungkan keduanya. hubungan antara pikir dengan zikir adalah pikir yang dalam aplikasinya adalah sebuah ilmu, digunakan untuk mengenal Alloh, membaca ayat-ayat Alloh baik yang tersirat maupun yang tersurat, serta mencari ilmu bagaimana cara beribadah kepada Alloh.
    Sedangkan hubungan pikir dengan ikhtiar adalah pikir yang dalam aplikasinya adalah sebuah ilmu, digunakan untuk mencari ilmu keduniawian, dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup, dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada orang banyak.
    Dan antara prinsip pikir dan ikhtiar, semuanya berpusat pada satu prinsip yaitu zikir yang merupakan prinsip pokok manusia.
  • Diagram Lingkaran. Pada diagram lingkaran ini menggambarkan lingkaran kehidupan manusia. dapat dilihat bahwa ikhtiar merupakan lingkaran inti atau penyokong kehidupan manusia. Bahwa selama hidupnya manusia harus selalu berusaha untuk bertahan hidup dan bekal beribadah. Sedangkan pikir tetap berada diantara keduanya.
    Walaupun ikhtiar dianggap sebagai inti kehidupan, tetapi didalam diagram tersebut lingkaran ikhtiar dan pikir berada di dalam lingkaran zikir. Maknanya adalah semua ikhtiar dan pikir kita tidak lepas dari tujuan utama kita yaitu berzikir ingat kepada Alloh yang merupakan puncak dan lingkaran utama dari prinsip kehidupan manusia. Tinggal bagaimana seseorang mengatur urutannya atau bahkan bagaimana seseorang melengkapi ketiga prinsip kehidupannya.

Depok, 01-09-07-Sabtu

noname

Advertisements

2 Responses

  1. assallamualaikum…
    Izin Share gan,

    Like

  2. waalaikum salam…silahkan : )

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: