Kompresi file gambar dengan fasilitas Paint di windows


Latar Belakang :

Artikel ini berawal saat saya akan mengupload sebuah gambar ke friendster. Sebelumnya gambar saya tersebut di edit dengan Photoshop CS. Nama file “gambar-asli.jpg” dengan size 1.06 MB, saat saya coba untuk mengauploadnya selalu gagal. entah karena computer di warnet yang “jelek” atau bandwithnya yang lemah atau mungkin juga karena foto Saya yang terlalu narsis…hehehe

Saya sempat kesal, dan hampir gak mau bayar warnet…(lebay mode : ON). Tapi saya iseng untuk membuka file gambar tadi dengan “open with” = Paint. Yaitu fasilitas yang ada di windows untuk mengedit gambar. Ketika sudah di buka file tersebut tidak Saya edit…tapi langsung saya “save as” dengan nama file yang berbeda misalnya “gambar-kompresi.jpg”.

Ketika semua selesai, Saya lihat perbedaan kedua file gambar Saya tersebut. Ternyata ukuran gambar hasil dari Paint tersebut lebih kecil dari pada file gambar hasil editan Photoshop yaitu 623 KB dari ukuran file semua 1.06 MB. ironisnya jika di perhatikan tidak ada perbedan kualitas gambar dari kedua file gambar yang sama tersebut.

Penelitian :

Saya pun penasaran…lalu saya ubah ke dua file tersebut dengan extention (*.txt) karena saya ingin melihat apa yang berubah di kedua file tersebut. Ternyata ketika sudah di buka pada file gambar yang saya edit dengan Photoshop CS terdapat tulisan “Adobe Photoshop CS”.

Sedangkan file gambar yang Saya “edit” dengan Paint terdapat tulisan “Photoshop 3.0”.

Terlepas dari Fenomena aneh itu, saya pun mencoba lagi untuk mengupload gambar narsis tersebut, tapi gambar yang sudah ter ”kompresi” menggunakan Paint. Dan finally….akhirnya gambar tersebut berhasil di upload. Mungkin karena pengaruh ukuran gambar yang kecil sehingga tidak terlalu banyak memakan bandwith.

Tinjauan Ilmiah :

Alhamdulilah dikelas saya belajar tentang pengolahan citra (image processing). Yang saya lakukan tadi diatas adalah suatu kegiatan kompresi gambar atau dalam pengolahan citra disebut dengan pemampatan citra. Lawannya dari pemampatan citra adalah penirmampatan. Yaitu mengembalikan dari gambar yang di mampatkan (dikompresi) menjadi gambar asli (sebelum di kompresi). Sedangkan metode pemampatan citra itu sendiri diklasifikasikan kedalam 2(dua) kelompok yaitu :

  • Metode Lossless

Metode yang selalu menghasilkan citra hasil penirmampatan yang tepat sama dengan citra semula, pixel per pixel. Tidak ada informasi yang hilang akibat pemampatan. Ratio pemampatan citra metode ini sangat rendah. Contohnya metode Huffman. (silahkan dibaca litelatur lebih lanjut dari metode Huffman).

Ratio itu sendiri adalah ukuran kualitas hasil pemampatan citra menjadi ukuran kuantitatif dengan menggunakan besaran PSNR (peak signal-to noise ratio). Semakin besar nilai PSNR, maka semakin bagus kualitas pemampatannya. Bagitu juga sebaliknya.

  • Metode Lossy

Metode ini menghasilkan citra hasil pemampatan yang hampir sama dengan sitra semula/gambar asli. Ada informasi yang hilang akibat pemampatan, tetapi dapat di tolerir oleh persepsi mata. Ratio pemampatan metode ini lebih tinggi daripada metode lossless. Contoh metode JPEG, dan metode fractal.

Kesimpulan :

Jadi, dari “penelitian” saya tersebut dapat di ketahui bahwa software PAINT terdapat fasilitas kompresi gambar. Dimana metode kompresi gambar yang digunakan adalah metode JPEG. Sehingga ukuran gambar hasil kompressi menjadi lebih kecil karena ada informasi yang hilang (lossy) namun hasil gambarnya tidak banyak berubah.

Namun ini bergantung dari ukuran gambar asli, jika ukuran gambarnya besar yang artinya resolusi gambarnya bagus, maka saat di kompressi walaupun banyak informasi yang hilang (ukuran file kompresi jadi lebih kecil), namun gambarnya tidak banyak berubah. Beda halnya jika ukuran file asli sudah kecil. Maka saat di lakukan kompresi, ukuran file jadi lebih kecil dan kualitas gambarnya jadi “menurun”.

Sekian artikel sekaligus tulisan ilmiah saya, semoga bermanfaat untuk Anda dan kurang lebihnya saya mohon maaf 🙂

Depok, 4-7-2008

noname

3 Responses

  1. pake acdsee jg bisa loh. dgn tool convert.dari file .ext apa aja bisa jd .ext ap aj.

    Like

  2. maksudnya ngubah file default paint (.jpg/jpeg) jadi type file paint yg lain(.gif)??? file gambar dengan ekstensi .gif bakalan bikin ukuran file tersebut jauh berkurang tapi dengan resiko kualitas gambar jadi ga sebagus aslinya.

    kalo ngedit pake photoshop cs juga bisa … pas mau di-save pilih level kualitas gambarnya ke yang paling rendah (nol) … tapi tentu aja bakal bikin gambar ga sebagus aslinya juga …

    gambar acak-acakan?? itu waktu file gambar itu di “openwith” notepad???

    Like

  3. @nstimoer, :

    ok, nice info 🙂

    @sgk :

    iya open with notepad, tulisanya sudah saya revisi 🙂

    “kalo ngedit pake photoshop cs juga bisa … pas mau di-save pilih level kualitas gambarnya ke yang paling rendah (nol) … tapi tentu aja bakal bikin gambar ga sebagus aslinya juga …”

    nice info gan…

    Like

Leave a Reply

