Teman-apa-Teman


Kronologis…

Peristiwa ini dimulai ketika gw ikutan kursus PHP di tempat gw. disana gw duduk disamping cewek yang biasa aza. gw kadang ngobrol2 sama dia masalah materi kursus sama pekerjaan dia. dia masih mahasiswa dan bekerja di perusahaan semacam biro jasa buat nanganin kartu kredit. namanya Lia (sory kalo ada yang namanya sama). dia juga minta nomor gw rumah. begonya gw ngasih nomor ibu rumah kosan gw. Pas udah selesai kursus gw pun udah gak ketemu dia lagi. tapi seminggu kemudian ada yang telpon gw, ternyata si Lia.

Ceritanya, si Lia Punya temen yang di tugasi suruh bikin web sama dosennya. trus gw di ajak ketemuan di Mall pada hari itu juga kebetulan hari Minggu. gw juga berinisiatif buat bawa Laptop untuk liatin contoh web buatan gw…kebetulan memang sebelumnya gw suka belajar2 sendiri tentang bahasa pemrograman PHP.

Pas udah ketemuan di sana ada 2 orang temanya si lia. berikut profilnya :

Lia : temen waktu gw kursus, dia yang ngajak gw ketemuan sama temen2nya.

Ibnu : temenya si Lia jurusan AKUNTANSI. yang di kasih tugas membuat web yang temanya tentang sosial untuk remaja gendut pendek.

Edo : temenya di Lia jurusan komunikasi. dia ngaku sering ikut seminar tentang remaja. dialah orang yang banyak bicara tantang rencana web yang akan di buat sedikit kurus.

GW : orang yang tidak tau apa2…cuma punya satu niat buat nolong teman, sekaligus ngamalin ilmu yang gw dapet.

Pas kita udah kenalan…barulah di mulai diskusinya. awalnya sich gw belum curiga sama mereka. karena masalah yang di bahas adalah tentang kondisi indonesia, kondisi remaja kita, pokoknya tema yang akan dibuat web nanti. KECURIGAAN pertama : dilihat dari profil si Ibnu dia jurusan akuntansi tapi disurus bikin web yang notabenenya buat anak komputer yang temanya tentang sosial cocok untuk anak psikologi. jika diurutkan : AKUNTANSI>WEB>SOSIAL. menurut gw itu gak nyambung, tapi bisa aza terjadi.

Sampai saat itu gw belum nunjukin rasa curiga walaupun ada kecurigaan seperti yang gw sampaikan diatas. gw masih dengerin dia, trus kalo dia minta pendapat gw kasih sesuai apa yang gw tau. sekitas jam 5 sore diskusi baru selesai hampir 3 jam lamanya dan gw masih fine. si Edo kemudian ngomong : “Berhubung diskusinya belum selesai kita lanjutkan BESOK” yaitu hari senin.

Pas hari seninnya gw kuliah sampai sore jam setengah 5. setelah solat ashar ada yang telpon ternyata si ibnu. berikut kurang-lebih percakapannya.

Ibnu : “Halo gus lo lagi ada dimana?”

Gw : ”gw lagi di kampus depok, mang kenapa?”

Ibnu : ”Lo bisa kesini ga buat diskusi lagi?”

Gw : “wah gimana yach…soalnya udah sore, kalo hari minggu lagi emang kenapa?”

Ibnu : ”wah gak bisa gus, mending lo kesini aja bentar?”

Gw : ”emang dimana tempatnya?”

Ibnu : ”di kalibata soalnya si Lia motornya mogok”

Gw : ”wah gw gak tau tempatnya. gini aza, lo sekarang diskusiin aza konsepnya sama temen2 lo mengenai masalah yang berhubungan dengan web yang akan gw buat. nanti kalo udah tinggak gw yang bikin webnya.”

Ibnu : “yaudah lo ke Mall Cijantung aza…kita ketemu disana. lo tau tempatnya kan”

Gw : “yaudah nanti gw kesana”

Rasa kesalpun mulai nyesak di hati gw. gw udah merasa di paksa sama dia. KECURIGAAN kedua : ada unsur paksaan, padahal alasan gw masuk akal. orang gw anak informatika pastilah gw berfikir secara Logic. gw disana sebagai orang yang diminta bantuan untuk membuat web. gw berikan usul kepada mereka bahwa yang mikirin konsepnya mereka. nanti kalo udah selesai tinggal gw jalanin tugas untuk membuat webnya. tapi mereka tetap memaksa untuk ketemuan. gw jadi bertanya siapa sich mereka?????????. tapi gw penasaran pengen tau mereka. gw ikutin dulu apa mau mereka.

Gw pun nyampe Mall Cijantung jam 6 disana udah ada mereka. selesai solat kita duduk di tempat nongkrong. dan mulailah si Edo ngomong ngelanjutin diskusi yang kemaren…tapi yang sedikit aneh masalah yang dia omongin sudah menyangkut agama disana perasaan gw mulai tidak enak. diskusi nyampe jam delapan malem. itu udah terlalu malam buat gw. kalo di itung2 nyampe kosan bisa jam setengah sepuluh. KECURIGAAN ketiga : gw adalah orang yang dimintai bantuan. sepantasnya gw dihargai sebagaimana mestinya. tetapi disini jadi gw yang banyak ngorbanin waktu sama biaya. padahal webnya belum di buat. tema yang di omongin juga sudah ngawur. temanya sosial tapi yang di omongin kebanyakan tentang agama. dan tanda tanya besar di mana masalah webnya?????

Dan ketika mau pulang si Edo ngomong : “Berhubung diskusinya belum selesai kita lanjutkan besok”. sumpah gw udah ill feel sama mereka kecurigaan gw semakin kuat.bahwa mereka punya niat tidak baik sama gw. gw nulis artikel ini bukan untuk membuat kalian kesal dengan kebodohan gw. tapi gw cuma pengen nulis apa yang gw alamin.

Besoknya hari selasa lagi2 mereka ngajak buat ketemuan, gw udah malez buat ngeladenin. tapi dasar gw bodoh dan terlalu lugu. gw pun nurut aza dan gw bertekad ini yang terakhir gw nurutin kemauan mereka. gw pun minta ketemuan di Mall DETOS aza biar deket dan pulangnya gak malem lagi trus mereka setuju. sorenya si Lia nelpon gw.

Lia : “gus lo ada dimana?”

Gw :”lagi di warnet”

Lia :”Yaudah gw tunggu di mesjid kampus”

Gw:”OK”

Selesai dari warnet gw pun ke kampus yang gak jauh dari tempat warnet tadi. disana udah ada si Lia. udah itu kita keluar gerbang kampus. dia ngambil motornya di parkiran. berhubung ketemuanya di Mall Detos yang gak jauh dari kampus sekitar 100meter, gw pun mau jalan kaki aza, biarin si Lia pake motornya. tapi waktu gw mau jalan, si lia manggil.

Lia :”gus bareng aza kesananya”

Gw:”lo aza duluan pake motor, biar gw jalan…deket kok”

Lia :”bareng aza kita mau ketemuan di Cijantung”

Gw:”Cijantung???? bukanya di Mall Detos???kata si Ibnu di Mall Detos!!!”

Lia:”enggak, kita ketemua di Cijantung lagi. si edo sama si ibnu udah nunggu disana”

Gw:”kok bisa gitu sich…yaudah gw kesana pake angkot”

Lia:”bareng aza pake motor”

Gw:”engga, lo duluan aza!!”

Lia:”bareng aza, yaudah lo dech yang bawa motornya”

Gw:”gw gak bisa bawa motor”

Lia :”yaudah lo yang gw bonceng”

Gw:”please gw pake angkot aza…itu angkotnya udah ada”

Lia:”yaudah…hati2”

KECURIGAAN keempat : pemaksaan disertai penipuan dan pembohongan, mereka udah merubah janji secara sepihak. padahal gw udah setuju buat ketemuan di Mall detos eh mereka malah cari tempat yang jauh. itu emang udah rencana mereka buat ngajak korbannya ke tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. ditambah lagi mereka menggunaka wanita untuk mencari korban agar mau menuruti ajakan mereka. ditambah dengan kejadian ini, masa gw harus dibonceng sama cewek kalo di jalan gw pegang pinggangnya trus kalo dia ngerem mendadak gw bisa salah pegang nantinya. malah gw bisa meremas toketnya donk. dan dia hanya bisa berkata “ach…”. trus kalo gw yang bawa motor, nanti ditilang polisi soalnya gw gak punya SIM.

Singkat cerita ternyata emang bener di hari yang ketiga ini kita ketemuan buat diskusi masalah yang di omongin si edo gak gw tulis kebanyakan gw juga udah lupa, pokoknya yang dia bicarain adalah masalah Agama, Negara, dan Hijrah. walaupun gw gak ngerti banget tentang Islam, tapi gw ngerasa yang mereka sampaikan itu SALAH. apalagi saat si Edo ngajak ngijrah sama si Lia dan Si Ibnu termasuk gw sementara si Edo pura2 ke kamar kecil.

Edo : ”nach jadi setelah gw ceritain, tinggal bagaimana cara hijrahnya. sebelumnya gw nanya ke kalian apa kalian mau hijrah?”

Ibnu : ”gimana gus?, kalo gw pikir2 semua yang di katain dari awal sama edo bener juga? tinggal kita hijrah donk?”

Gw : “kalo gw gak yakin dengan apa yang di katakan si Edo. terserah kalian mau percaya…kalian lebih kenal dia?”

Lia: ”trus apa alasan loch…kasih tahu ke kita. biar kita gak bingung. jadi kalo lo ragu gw juga jadi bingung”

Gw : “gw gak bisa ngomongin alasannya ke kalian, yang pasti gw gak yakin aza”

Si edo pun datang lagi. sementara kita masih pada diam.

edo : “gimana?……yaudah berhubung udah malem diskusi tentang bagaimana cara hijrahnya k ita lanjutin besok, tapi satu pesan saya, sebelum semuanya selesai di sampaikan. jangan dulu b ilang masalah ini ke orang lain, nanti kalo semuanya selesai baru bisa disampaikan ke orang lain”

KECURIGAAN ke lima : cukup jelas alur masalah dan gw mulai tau siapa mereka. kalo diurutkan masalahnya seperti ini : AKUNTANSI>WEB>SOSIAL>AGAMA>NEGARA>HIJRAH. dia juga sempat menyebut diantaranya nama “azaitun”, dan “negara islam yang ada di indonesia” tidak tau apakah mereka sengaja menyebutkan atau tidak sengaja membuka kartu. dan gw yakin si ibnu dan si lia juga sebenarnya sudah masuk ke kelompoknya. gw gak mau nyebutin apa nama kelompok mereka. kalian mungkin udah tau dan ini adalah cerita lama.

Gw pun pulang dan sekarang gw di temani si ibnu yang gendut. ketika gw nunggu di halte. dan si ibnu lagi pura2 nelpon. gw tau itu karena feeling gw. setelah itu dia ngomong. selama di mobil tiga perempat.

ibnu : ”gus…di rumah gw gak ada siapa2 orang tua gw semua lagi pergi ke Sukabumi. jadi gw bisa numpang nginep di kosan lo gak???”

Gw : ”wah gak bisa soalnya teman gwpun gak pernah ada yang nginep di kosan gw, lagian emang lo gak pa kunci rupa apa???”

ibnu: “enggak gus, yaudah gus gw ikut dulu ke kosan lo…nanti kalo emang ga di ijinin gw pulang lagi. gak tau dech mau tidur dimana?”

Gw : “emang lo ga ada temen atau saudara gitu?”

ibnu: ”ga ada gus…yaudah gus gw nginep di kosan lo aza besok pagi gw langsung berangkat kuliah. tolongin gw gus. dirumah lo ada qur’an ga? biar nanti bisa liat2 bener ga yang di omongin si Edo????”

Gw: “Sory gw gak bisa nolong loch….”

Tanpa bilang apa2 lagi Gw langsung turun di pinggir jalan ninggalin si gendut yang masih ada bis. gw udah muak sama kelakuan mereka. dasar tukang tipu. bisanya manfaatin kebaikan orang untuk ngajak ke jalan yang sesat. pura2nya mau minta tolong dibuatin web…bukanya web yang di omongin, malah masalah agama dan ngajak hijrah segala. udah ngorbanin waktu, pemikiran, biaya. padahal gw bener2 pengen bantu mereka sekalian ngamalin ilmu gw. malah mereka nipu gw dan ngajak untuk gabung ke kelompok mereka….apapun nama mereka. yang pasti niat mereka gak baik dan pemahaman mereka salah tentang islam.

Tragisnya lagi uang gw udah abis…pas untuk bayar bis tadi. di dompet gw cuma ada pulsa buat jualan. tadinya mau gw jual ke sapa aza. tapi hati ini berat rasanya. gw memilih untuk berjalan sejauh kurang lebih 2 KM dari PAL sampai kelapa dua depok sekitar jam 9 malam. kebetulan di sana ada kosan teman sekelas gw. gw numpang tidur dan gw ceritain semua apa yang gw alamin. paginya gw kekampus pake baju yang kemaren, gw pinjem uang ke temen gw buat ongkos pulang ke kosan gw di depok timur.

Sehari setelah itu mereka ngirim SMS, sebelumnya nomor mereka gw masukan ke menu pengalihan nomor. mereka juga menelpon tempat kosan gw. dan gw juga ceritaan kajadian itu sama ibu dan bapak kosan. dan mungkin atas petunjuk Alloh pagi harinya ada acara ceramah agama “AA dan MAMAH” di indosiar. waktu itu ada seorang mahasiswi yang curhat : katanya dia di ajak hijrah dan harus nginap di suatu tempat, yang dia tanyakan apakah hijrah itu masih ada?

Kemuadian kata mamah DEDEH : hijrah itu hanya ada di jaman rosulullah. dan tidak ada lagi hijrah setelah itu. yang ada sekarang adalah hijrah hati…maksudnya kita harus hijrah atau berpindah dari perbuatan buruk ke perbuatan baik dari yang tadinya malas harus jadi rajin dalam hal positif. gw bersyukur Alloh masih memberikan bimbingan kepada gw buat merasakan atau feeling bahwa yang salah itu salah, dan yang benar itu benar. dan merasakan mana teman yang sesungguhnya mana teman yang pura2 jadi teman. jaman sekarang kita harus berhati2 dalam mencari teman apalagi teman yang baru kita kenal. jangan terlalu membuka diri jika teman yang baru kita kenal tersebut menanyakan hal yang bersifat pribadi. karena jaman sekarang banyak orang yang pura2 jadi teman sehingga kita bertanya sebenarnya loch itu Teman-apa-Teman?????

Depok, 8-7-08-sls

noname

Leave a Reply

