Remember Password


Kadang teknologi memudahkan kita, kadang juga teknologi merugikan kita. Di web Browser seperti IE(Internet Explorer) dan Mozila ada fasilitas untuk pengingat password dan username. tujuannya apa ? agar user tidak selalu memasukan user dan password setiap kali login, Karena web browser telah menyimpannya. Jadi jika anda ingin agar web browser mengingat password anda saat anda login ke sebuah situs. maka saat browser mananyakan kepada anda : “Apakah password dan username akan diingat oleh web browser?“ pilih saja remember, maka password anda pun akan di simpan di database web browser.

Itu kalo anda browsing di computer sendiri, coba bayangkan jika anda browsing di computer warnet. dan ketika login ke sebuah situs, anda “menyetujui” agar web browser mengingat user dan password anda. Ketika pulang, anda lupa untuk menghapus password yang ada di web browser tersebut. akibatnya : alamat situs, username, dan password anda dapat di lihat dan orang lain dapat masuk ke account anda tersebut….ngeri bukan.

Pertanyaannya : di simpan di manakah password kita yang telah di “ingat” oleh web browser tersebut?. disini saya menggunakan web browser yang biasa di pakai oleh kebanyakan orang.

1. Buka Web Browser Mozila

2. Masuk ke situs yang biasa anda login contohnya friendster.com

3. Ketika sudah memasukan user dan password, tekan enter

4. Muncul message box agar browser mengingat password anda, untuk membuktikannya pilih remember, artinya anda setuju agar browser mengingat password anda.

5. Untuk melihat password yang di simpan oleh web browser :

6. Pilih menu Tool>Options>Pilih menu/icon Security

7. Klik tombol Show Passwords, maka disana akan di tampilkan semua password yang telah di remember

8. Untuk menampilkan detail alamat, user, dan passwordnya klik show password.

Sampai disini anda telah mencoba fasilitas remember password dan melihat tempat password anda di simpan. Jadi kesimpulannya, teknologi selalu mempunyai 2 sisi bisa di manfaatkan, bisa juga di salah gunakan. dalam hal ini penulis menyarankan jika anda browsing di warnet perhatikan hal2 berikut :

1. Sebisa mungkin jangan mengijinkan agar web browser mengingat password anda.

2. Jika akan pulang, usahakan untuk menghapus semua cookies yang ada di computer tersebut selama anda browsing.

3. Caranya dengan klik menu tool>Clear Private Data (atau tekan ctrl+shift+del)

4. Klik Clear Private Data Now

Dengan begitu semua password yang di remember termasuk alamat yang pernah anda kunjungi akan di hapus secara permanen. Sekian artikel ini semoga bermanfaat. n’ stay alert.

Depok, 19-08-08-sls

noname

Advertisements

2 Responses

  1. wow makasih banyak ,, untung aja ,, aku jga ssama udah masuk rimember,, ya makasih tas artikelnya,, yg jelasbermanfaat

    Like

    • Alhamdulilah….syukur banget kalo merasa terbantu dengan artikel2 saya : )

      salam kenal…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: