World is Game


Layaknya sebuah game atau permainan yang mempunyai unsur :

  • Tujuan
  • Aturan
  • Skor
  • Hasil Akhir

Dunia pun mempunyai ke 4 unsur tersebut, berikut hasil pemikiran saya tentang dunia :

Tujuan

Tujuan bisa di artikan sebagai misi. sebuah permainan pasti mempunyai misi yang harus dia capai misalnya dia harus menyelamatkan sandera, dia harus menghancurkan markas alien. dan sebagainya.

Sama halnya dengan game, dunia pun di ibaratkan sebuah game yang mempunyai misi di dalamnya. kita hidup di dunia, kita sebagai pemain memainkan sebuan permainan dunia. dimana misi kita adalah beribadah hanya kepada Alloh. baik dalam suka maupun duka, miskin ataupun kaya, sakit ataupun sehat, muda ataupun tua, dalam keadaan lapang ataupun sempit selama napas masih berhembus dan jantung berdetak.

Aturan

Dalam sebuah permainan pasti ada sebuah peraturan. misalnya dalam game kita tidak boleh menembak sandera, atau kita hanya boleh menggunakan senjata tertentu, dan sebagainya. dan jika itu di langgar, maka akan ada sanksi yang di dapat oleh seorang pemain.

Sama halnya dengan game, kita hidup di duniapun mempunyai aturan. dan aturan yang mutlak datangnya hanya dari Alloh. aturan-aturan tersebut terdapat dalam al-qur’an sebagai pedoman hidup manusia. yang mengatur apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh di lakukan selama menjalani hidup di dunia ini.

Skor

Dalam sebuah permainan harus ada skor, gunanya skor untuk mengetahui sampai di level mana kita main. dan skor juga untuk sumber semangat dalam memainkan game tersebut sehingga game menjadi seru. jika kita bermain sesuai aturan maka skor kita akan bertambah, sebaliknya jika kita melanggar aturan permainan yang telah di sepakati, maka skor kita bisa berkurang.

Sama halnya dengan game, kita hidup di dunia ini mengenal adanya dosa dan pahala. kita mendapatkan dosa jika kita melanggar apa yang telah di tentukan Alloh kepada kita dalam kitabnya, sebaliknya kita mendapatkan pahala jika kita hidup sesuai aturan yang telah Alloh tetapkan terhadap kita.

Hasil akhir

Namanya permainan, tidak selamanya kita terus bermain. dan di dalam permainan itu pun sewajarnya pasti ada yang menang dan ada pula yang kalah. kemenangan kita di tentukan oleh banyaknya skor yang kita dapat selama memainkan permainan tadi. dan akan ada kepuasan dari seseorang yang mendapatkan kemenangan. wajahnya gembira, dan bibirnya tersenyum lebar. sebaliknya jika dia menderita kekalahan, maka hatinya akan sedih, marah, kesal, dan kecewa.

Sama halnya dengan game, suatu hari nanti dunia inipun akan berakhir. dan kita akan memperhitungkan dosa dan pahala yang kita dapat selama menjalani hidup di dunia. jika kita lebih banyak dosa maka neraka lah tujuanya. tak ada tempat yang lebih buruk selain di neraka. sebaliknya jika kita banyak pahala yang di dapat, maka syurga adalah balasannya. rumah terbaik di masa depan, tak ada kata sia-sia di dalamnya.

Depok, 22-08-08-jmt

noname

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: