Membuat Silinder dengan OpenGL


Dalam penggambaran silinder dengan OpenGL ini, saya menggunakan editor software “Pelles C”

Listingnya adalah :

#include <windows.h>

#include <GL/gl.h>

#include <GL/glu.h>

#include <GL/glfw.h>

#include<math.h>

#define pi 3.1415

void mulaiOpenGL(void);

int main(void)

{

//

// mRunning = TRUE, aplikasi masih berjalan

// mRunning = FALSE, ??? :p

GLuint mRunning = GL_TRUE;

//

// inisialisasi GLFW

if( glfwInit() == GL_FALSE )

{

MessageBox( NULL, “ERROR :: gagal menginisialisasi GLFW”, “Error!”, MB_OK);

return(0);

}

//

// buat sebuah window yang akan digunakan untuk menggambar.

if( glfwOpenWindow( 640, 480, 0, 0, 0, 0, 24, 0, GLFW_WINDOW ) == GL_FALSE )

{

MessageBox( NULL, “ERROR :: gagal membuat window”, “Error!”, MB_OK );

glfwTerminate();

return(0);

}

//

// Set judul yang ada di window dan Swap interval.

glfwSetWindowTitle( “Praktikum Grafik Komputer LabTI” );

glfwSwapInterval( 1 );

//

// mulai OpenGL (melakukan setting awal OpenGL)

float x,y,z,sudut,tinggi,perputaran;

float r=10;

mulaiOpenGL();

//

// mulai looping utama program

while( mRunning )

{

//

// bersihkan layar dan depth buffer

glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT );

glLoadIdentity();

//

// lakukan penggambaran di sini

//————————————————————————————

gluLookAt(0,0,10,0,0,0,0,1,0);

glRotatef(perputaran,1,0,0);

glColor3ub(r,y,200);

for (tinggi=0; tinggi<=3; tinggi +=0.05)

for (sudut=0; sudut<=pi*2; sudut +=0.01)

{

x=sin(sudut);

z=cos(sudut);

glBegin(GL_POINTS);

glVertex3f(x, 3-tinggi, z);

glEnd();

}

perputaran +=1;

r++;

y=r+1;

//————————————————————————————

//

// tampilkan ke layar (swap double buffer)

glfwSwapBuffers();

//

// check input , apakah tombol esc ditekan atau tombol “close” diclick

mRunning = !glfwGetKey( GLFW_KEY_ESC ) && glfwGetWindowParam( GLFW_OPENED );

}

glfwTerminate();

return(0);

}

void mulaiOpenGL(void)

{

//

// Set viewport ke resolusi 640×480 viewport bisa diibaratkan

// layar monitor anda

glViewport( 0, 0, 640, 480 );

//

// Set mode OpenGL ke mode pryeksi (Projection) dan set proyeksi

// menggunakan proyeksi perspective, dengan sudut pandang (Field Of

// View) 60 derajat

glMatrixMode( GL_PROJECTION );

glLoadIdentity();

gluPerspective( 60.0f, 640.0f/480.0f, 0.1f, 1000.0f );

glMatrixMode( GL_MODELVIEW );

glLoadIdentity();

//

// Set mode gradasi warna halus (Smooth)

glShadeModel( GL_SMOOTH );

//

// warna yang digunakan untuk membersihkan layar

glClearColor( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f );

//

// nilai untuk membersihkan depth buffer.

glClearDepth( 1.0f );

//

// Depth test digunakan untuk menghindari polygon yang

// tumpang tindih.

glEnable( GL_DEPTH_TEST );

glDepthFunc( GL_LEQUAL );

//

// beritahu OpenGL untuk menggunakan perhitungan perspective

// yang terbaik (perhitungan ini tidak bisa selalu 100% akurat)

glHint( GL_PERSPECTIVE_CORRECTION_HINT, GL_NICEST );

}

Outputnya :

slinder

Advertisements

One Response

  1. Wahh manteppp, pas bgt kebetulan ada tugas kuliah yg disuruh buat kayak gini, makasih ya sob.
    Salam kenal 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: