Membuat Paging Sederhana dengan PHP.


paging

Paging berguna untuk menampilkan data yang jumlahnya banyak dibagi kedalam beberapa halaman dan setiap halaman ditentukan berapa data yang akan ditampilkan. Dalam tutorial ini akan dibahas tentang paging dalam halaman “bukutamu”.

Potongan Program :

<?

include “conn.php”; //include file koneksi

$entries=3; //nilai awal==jumlah data yang ditampilkan setiap halaman

//************awal paging************//

$query=mysql_db_query($db,”select * from guestbook”,$koneksi); //input

$get_pages=mysql_num_rows($query); //dapatkan jumlah semua data

//jika jumlah semua data lebih banyak dari nilai awal yang diberikan

if ($get_pages>$entries)

{

echo “Halaman : “;

$pages=1;

while($pages<=ceil($get_pages/$entries))

{

if ($pages!=1)

{

echo ” | “;

}

?>

<!–Membuat link sesuai nama halaman–>

<a href=”paging.php?id=<? echo ($pages-1); ?> ” style=”text-decoration:none”>

<font size=”2″ face=”verdana” color=”#009900″><? echo $pages; ?></font></a>

<?

$pages++;

}

}else{

$pages=0;

}

//**************akhir paging*****************//

?>

</font>

<?

$page=(int)$_GET[‘id’];

$offset=$page*$entries;

//menampilkan data dengan menggunakan limit sesuai parameter paging yang diberikan

$result=mysql_db_query($db,”select * from guestbook order by tgl desc limit $offset,$entries”,$koneksi); //output

$jumlah=mysql_num_rows($query);

?>

Download

http://www.4shared.com/file/117114733/4a6f3fd/paging.html

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Depok, 10 Juli 09

noname

17 Responses

  1. Gan mau nanya nie.. Gimana sih caranya buat artikel yang hanya di tampilanya buat cuplukan lalu ada link yang tulisanya read more setelah di klik akan menampilkan seluruh isi artikel yang di buat..

    Agan” yang tau cara membuatnya mohon pencerahanya.. Terimakasih…

    Like

    • *cuplikan

      dari pertanyaan agan yang saya tangkep itu pake fungsi substr gan.

      misalnya artikelnya itu ada 500 huruf, trus kita mau buat header/cuplikan artikel sebanyai 100 huruf.

      pas nampilin isi field berita pakai :

      while($row=mysql_fetch_array($artikel)){
      $artikel=$row[‘isi’];
      $cuplikan=substr($row[‘header’],0,100);
      }

      echo $cuplikan;

      *artinya, kita menampilkan value field header di database. tapi kita membatasi jumlah huruf yang ditampilkan dengan mengambil mulai dari huruf ke 0 sampai dengan huruf ke 100.

      selamat mencoba…

      Like

  2. mas, saya minta potonganprogram pagingnya ya.. kalo boleh tanya, kalo buat galeri foto yang sederhana tuh gimana, dengan php.. Makasih

    Like

  3. Mas,, saya sudah coba pakai codingnya tapi ketika saya klik halamannya malah menuju ke halaman kosong. Nggak ngerti apa saya salah ngasi link ato gimana. mohon petunjuknya donk. Thanks

    Like

  4. @kaka :

    sepertinya salah mendefinisikan link nya. misalnya link di paging ini :

    <a href="index.php?page=paging&id= ” style=”text-decoration:none”>

    artinya kita menggunakan halaman index sebagai template webnya.

    sedangkan page=paging kita menginclude atau memanggil halaman paging.php di halaman index.php

    sedangkan ID adalah parameter yang diberikan untuk menjalankan fungsi limit di mysqlnya

    //proses halaman
    $page=(int)$_GET[‘id’];
    $offset=$page*$entries;
    $result=mysql_db_query($db,”select * from guestbook limit $offset,$entries”,$koneksi);

    Like

  5. wow, tutor nya menarik 🙂

    Like

  6. mas kalau pagingnya ter enkrip contoh program akuntansi bagai mana mampilkan pagingnya
    terima kasih
    anas

    Like

  7. mas jika “Aplikasi pencarian data berdasarkan tanggal di PHP dan MySQL” ingin ditambahkan pagination gmn caranya? –> source codenya Mas?

    tolong mas.. saya sudah coba untuk menyatukan dengan artikel mas yg “Membuat Paging Sederhana dengan PHP.”. tapi ga jalan.. apa yg salah yah?

    tolong mas.. saya masih newbie di PHP..

    makasih sebelumnya mas..

    Like

  8. Makasih tutorialnya kaka… ijin ambil ilmunya ah 😀

    Like

  9. mas, mau numpang tanya..
    untuk yg di
    http://labhouse.co.cc/index.php?page=tutorial&modul=2
    itu bagaimana cara menampilkan isi file nya??
    maaf, karena saya masih newbie di PHP ini..
    terima kasih

    Like

  10. Yupz.. mari belajar coding bersama-sama…
    Makasih infonya yah gan…

    Like

  11. wah keren gan kebetulaln ane gi nyari kodingnya numpang copy ya gan makasi

    Like

  12. gan ane mau tanya, caranya bikin paging tapi berdasarkan kategori. jadi dalam 1 tabel ada beberapa kategori, dan pada pemanggilannya berdasarkan kategorinya, nah yang ane bingungin pembuatan pagingnya, soalnya berdasarkan kategori, kalo ane panggil 1 tabel,malah keluar semua, ga berdasarkan kategori.
    mohon pencerahannya gan.
    😀
    kalo dibales,ane berterima kasih banget gan, soalnya buat Tugas Akhir ane gan.

    thanks sebelumnya
    😀

    Like

  13. mas, itu link download nya gak bisa di download mas . bisa di upload ulang gak ?

    Like

    • http://www.4shared.com/file/117114733/4a6f3fd/paging.html

      saya tidak tau apa yang menyebabkan bad link 4shared. saya belum sempat untuk migrasi file-file ke dropbox.

      untuk yang 4shared apa keterangan error nya? agar saya dapat laporkan ke pihak 4shared. trimakasih

      Like

  14. Whats up very nice blog!! Guy .. Excellent ..
    Superb .. I’ll bookmark your blog and take the feeds also? I’m satisfied to search out
    numerous useful information here in the publish, we’d like work out more strategies on this regard, thank you for sharing. . . . . .

    Like

  15. terimakasih mas. saya coba di web saya, mudah-mudahan berhasil

    Like

Leave a Reply

