DVD Reporsitori Ubuntu 9.04


Ini adalah tulisan pertama saya dalam mempelajari Ubuntu (Welcome to Opensource). Curhatan ini berawal dari niat ingin mempelajari system operasi Linux, saya pun meminjam DVD Ubuntu 9.04 ke teman lab saya. Selama penginstalan alhamdulilah tidak ada masalah, termasuk dalam memilih partisinya. Karena ada temen saya yang salah memilih partisi sehingga semua data di laptopnya hilang…beuh 😀

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ubuntu adalah Operating System (OS) yang open source. Dan untuk mendapatkan software-software yang kita butuhkan, kita bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan jaringan internet(bisa menggunakan hotspot), dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan DVD ubuntu sebanyak 6 keping (anda bisa meminjamnya dari teman yang punya).

Mendaftarkan DVD-Reporsitori

Namun yang sekarang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara menggunakan DVD reporsitori untuk mengupdate atau menginstall software-software yang kita butuhkan,  langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 6 keping DVD reporsitori Ubuntu 9.04. dalam kasus ini saya meminjamnya ke teman saya, kaget sech pertama tau banyak banget DVD nya :D. tapi itu ada gunanya juga kalau komputer anda tidak terkoneksi dengan internet. Dan biasanya DVD tersebut ada tulisannya mulai dari DVD reporsitori ke-1 sampai ke -6.
  2. Masukan DVD pertama ke DVD ROM.
  3. Buka “Synaptic Package Manager” dengan klik menu System>Administration> Synaptic Package Manager
  4. Jika sudah masuk, klik menu Settings>Reporsitories>Klik tab menu “Third-Party software”>Add CD-ROM. Maka ubuntu akan men-scan DVD yang kita masukan kan dan menyimpan file-file index dari shortcut isi DVD tersebut.
  5. Jika sudah masuk, klik menu Settings>Reporsitories>Klik tab menu “Third-Party software”>Add CD-ROM. Maka ubuntu akan men-scan DVD yang kita masukan kan dan menyimpan file-file index shortcut dari isi DVD tersebut. Setelah itu klik close dan close lagi. Dan keluarkan DVD reporsitori dari DVD-ROM.
  6. Masih di dalam jendela Synaptic Package Manager. Untuk menampilkan nama-nama software/package dari DVD-reporsitori yang sudah kita masukan tadi. Kita perlu me-reload nya dengan cara klik menu Edit>Reload Package Information (atau tekan Ctrl+R).
  7. Untuk DVD-reporsitori yang ke-2 sampai ke 6. caranya sama seperti di atas (ikuti dari point ke 4 sampai point ke 6).
  8. Selesai.

Menggunakan DVD-reporsitori

Selanjutnya kita akan mencoba menginstall sebuah software dari “Synaptic Package Manager”. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pada textbox “Quick Search” masukan kata php5. Karena kita akan mencoba untuk menginstall php5.
  2. Setelah nama software yang di cari muncul paling atas, klik kotak di sampingnya maka akan keluar pilihan untuk menginstall software tersebut yaitu “Mark for Instalation”.
  3. Kemudian klik tombol “Apply” dan “Apply” lagi untuk memulai proses instalasi.
  4. Setelah itu akan muncul kota pesan bahwa anda harus memasukan DVD nomor-2 dari 6 DVD yang anda punya.
  5. Masukan terlebih dahulu DVD-reporsitori ke-2 ke dalam DVD-ROM. setelah terdetect DVD nya, maka klik tombol OK untuk melanjutkan proses instalasi.
  6. Tunggu sampai proses instalasi selesai
  7. Jika sudah klik OK.

Catatan :

Jika software yang di install berukuran besar, maka kita akan di suruh untuk memasukan DVD-reporsitori yang lain sampai file-file software yang di install lengkap.

Sedangkan jika anda akan meng-uninstall suatu software, pada “Synaptic Package Manager” :

  1. Pilih software yang akan di uninstall.
  2. Klik kotak yang ada di sampingnya.
  3. Pilih / ceklist “Mark for Removal” atau “Mark for Complete Removal”.
  4. Setelah itu Klik tombol “Apply”.
  5. Tunggu sampai selesai.

Itulah tutorial yang bisa saya berikan mengenai bagaimana cara mendaftarkan DVD-reporsitori Ubuntu 9.04 ke dalam “Synaptic Package Manager”, bagaimana cara menginstall software, dan bagaimana pula cara meng-uninstall nya. Semoga tutorial ini bermanfaat khususnya bagi yang sedang mempelajari ubuntu. Karena saya juga masih dalam tahap belajar. Bagi yang sudah mahir dan kebetulan membaca artikel ini. Mohon kritik dan sarannya jika ada tulisan yang salah.

Depok, 10-desember-2009

noname

Advertisements

2 Responses

  1. boleh tuh gus, intalin linux donk, kalo ga pinjem deh repository dvdnya gmn?

    Like

    • boleh2…masalahnya yang gw pinjem juga dari temen gw belum gw kembaliin…hahahah

      belum sempert burn, maklum 6 DVD gitu loch 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: