Membuka folder filesystem yang terkunci


Kasusnya berawal dari sini : saya sudah menginstall LAMP di ubuntu dan saya ingin menjalankan file-file web saya yang sebelumnya saya buat di windows menggunakan XAMPP. Sedangkan di ubuntu sendiri folder untuk meletakan file-file web ada di folder “www” pada alamat “filesystem/var/www/” dan saya ingin copy paste folder web saya ke sana. Masalahnya adalah saya tidak bisa mengcopy langsung file-file web saya tersebut karena saya harus manjadi “root”. Jadi solusinya adalah anda harus menginstall dulu “nautilus”. Caranya adalah :

  1. Buka “terminal” ubuntu.  Aplications > Accecories > Terminal
  2. Masukan perintah ~$sudo su <enter> dan masukan password login ubuntu anda.
  3. Jika telah jadi “root”. Ketikan perintah “nautilus” tanpa tanda kutip, biasanya di ubuntu sudah terinstall software/package nautilus.
  4. Jika belum maka anda harus menginstall nya dulu dengan mengetikan perintah “apt-get install nautilus “ . namun sebelumnya anda di asumsikan sudah koneksi internet atau anda mempunyai DVD-reporsitori ubuntu.
  5. Setelah selesai instalasi dan mengetik perintah “nautilus”.
  6. Bersamaan dengan munculnya “warning” tersebut. Muncul juga sebuah jendela baru dengan “kondisi” file system yang sudah tidak terkunci lagi (unclock). Anda tinggal membuka folder /var/www/ dan copy kan semua folder web anda ke situ.
  7. Selesai

Sampai di sini anda telah berhasil meng copy paste file-file web anda yang sebelumnya anda buat. Masalah databasenya, anda tinggal meng import nya dari file “namadatabase.sql” atau “namadatabase.sql.zip” yang sudah anda miliki. Jika anda belum mengerti bagaimana cara import-export database di phpmyadmin.

Ok, semoga tulisan saya berguna untuk anda semua. Dan saya yang masih belajar ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pembuatan tutorial ini.

Depok, 11-12-09

noname

One Response

  1. Oke berhasil..tapi apa bisa kita instal wordpress di situ..
    salam http://www.mayherbal.blogspot.com

    Like

Leave a Reply

