Menginstall Apache, PHP, dan Mysql di Ubuntu 9.04


Melanjutkan ke tulisan kedua saya tentang LAMP. Apa sech LAMP itu?? LAMP singkatan dari (Linux, Apache, MySQL, PHP) sebuah teknologi yang dipakai untuk membuat atau menjalankan sebuah aplikasi web dinamis di dalam sistem operasi Linux. Adapun komponennya adalah sebagai berikut :

  1. Linux sebagai Sistem Operasi sebagai “rumah” dimana semua aplikasi berjalan.
  2. Apache sebagai web server untuk menyimpan file-file web yang kita buat.
  3. MySQL sebagai database yang di gunakan untuk menyimpan content dari web yang kita buat.
  4. PHP sebagai bahasa pemrograman untuk membuat sebuah web yang dinamis dengan koneksi ke database.

Yang jadi masalah sekarang adalah, bagaimana cara kita membuat LAMP tersebut?. Dengan “bersenjatakan” DVD reporsitori dan fasilitas “Synaptic Package Manager”. Sehingga user yang awam seperti saya tidak perlu mengetikan perintah apa-apa pada terminal ubuntu 🙂 .

Catatan :

  1. Jika anda belum tahu cara mendaftarkan DVD-reporsitori anda ke ubuntu, silahkan baca tutorial saya tentang “DVD Reporsitori Ubuntu 9.04”
  2. Disini saya menginstall software-software nya melalui “Synaptic Package Manager” sehingga tidak melalui “terminal” ubuntu. Terminal ubuntu sendiri ada di menu : Aplications > Accecories > Terminal.

Ok, adapun langkah-langkah instalasi software LAMP melalui Synaptic Package Manager  adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan DVD-reporsitori ke-1 sampai ke-6.
  2. Buka “Synaptic Package Manager” dengan klik menu System>Administration> Synaptic Package Manager. Jika meminta password, masukan password anda login ke ubuntu.
  3. Yang pertama adalah menginstall web server Apache dengan mengetikan di textbox “Quick Search” kata “apache2” tanpa tanda petik.
  4. Klik kotak sebelah kiri dan pilih “Mark for Instalation”. Kemudian klik tombol “Apply” dan “Apply” lagi untuk memulai proses instalasi.
  5. Ikuti instruksinya, dengan memasukan DVD-reporsitori ubuntu yang di minta.
  6. Setelah selesai, kita akan menginstall bahasa pemrograman PHP. Dengan mengetikan kata “php5” pada “ Quick Search”. Ikuti langkah-langkahnya seperti point ke-4 sampai point ke-5 sampai instalasi selesai.
  7. Setelah itu kita akan menginstall libapache2 untuk autentifikasi MySQL. Dengan mengetikan kata “libapache2-mod-authh-mysql”. Ikuti seperti langkah-langkah di atas sampai instalasi selesai.
  8. Setelah itu kita akan menginstall konektor PHP5 dan MySQL dengan mengetikan kata “php5-mysql”. Caranya sama seperti diatas.
  9. Setelah itu kita akan menginstall database MySQL server. Dengan memasukan kata “mysql-server”. Caranya sama seperti diatas.
  10. Setelah itu anda akan di suruh untuk memasukan password untuk username “root”. Jadi nanti jika anda akan membuat koneksi dengan database, username nya “root” dan passwordnya “yang anda masukan tadi”.
  11. Setelah itu untuk membantu dalam pembuatan database, kita akan menginstall PHPMyAdmin. Dengan mengetikan kata “phpmyadmin” dan ikuti langkah-langkahnya seperti di atas.
  12. Sampai anda bertemu jendela untuk memasukan password database anda yang tadi.
  13. Lanjutkan instalasi sampai selesai.

Akhirnya selesai juga proses penginstalan software yang mendukung LAMP. Sekarang tahap testing nya. Anda masih kuattt??? masih semangaaattt??? 😀 kalo boleh curhat. Kendalanya dengan menggunakan DVD reporsitori adalah. Anda akan di suruh keluar masukan DVD nya. Apalagi proses pendeteksian DVD nya oleh DVD ROM agak lama. Jadi anda di latih untuk menjadi orang yang sabar. Untuk itu di sarankan untuk menyusun DVD anda dari DVD ke-1 sampai ke-6 agar tidak sulit waktu mau menggunakannya.

Untuk mengetes apakah web server sudah bisa digunakan dengan cara :

  1. Buka browser (bisa pakai mozila).
  2. Ketik http://localhost/ jika berhasil, maka browser akan menampilkan tulisan “It Works!”  kalo suatu saat anda coba tapi pas di refresh lagi jadi error atau “Offline Mode”. maka periksa mode offline pada browser mozila dengan cara pilih menu File >  Work Offline .
  3. Jika masih di centang, maka hilangkan tanda centangnya. Kemudian refresh lagi (tekan F5).
  4. Setelah itu cek apakah phpmyadmin sudah berhasil terinstall, dengan cara ketik http://localhost/phpmyadmin/ jika berhasil, maka akan muncul tampilan  “Welcome to phpmyadmin”

OK, selesai sudah pembuatan LAMP di ubuntu, semoga berhasil dan anda tidak kapok mencobanya  jika masih gagal 😀 . semoga tulisan ini bermanfaat, dan mohon maaf jika ada urutan langkah yang terlewatkan atau kata-kata yang kurang jelas.

depok, 11-12-09

noname

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: