Bisnis Web Maker


Konsep  ini adalah bagaimana kita memanfaatkan fasilitas yang ada di hosting kita, dengan memadukan sebuah domain gratisan yaitu http://co.cc .

Kasus :

Ada 4 teman anda yang meminta anda membuatkan sebuah web untuk mempromosikan usaha mereka. Dengan modal yang sangat kecil tidak memungkinkan mereka membeli domain dan hosting masing-masing. Yang jadi masalah bagaimana caranya agar mereka tetap bisa mempromosikan hosting mereka tanpa harus membeli domain dan hosting masing-masing, sehingga cukup membeli satu hosting untuk di pakai bersama-sama. dan membuat 4 subdomain nya dari hosting tersebut untuk 4 nama domain yang berakhiran co.cc Jadi lebih irit biaya. Dalam kasus ini anda bertindak sebagai admin yang mengatur web mereka.

Catatan :

Diasumsikan mereka sudah sudah membeli sebuah hosting dengan uang patungan mereka. Silahkan beli di situs atau jasa penjualan hosting.

Solusi :

1. Setting domain co.cc

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuat domain gratisan di http://co.cc adapun langkah-langkahnya adalah :

  1. Daftar (signup) di situs tersebut.

http://www.co.cc/regist/regist_account.php?go_url=/my_account/my_account.php

  1. Login di situs tersebut.

http://www.co.cc/log_in_out/login.php

  1. Jika sudah masuk, di sana anda bisa membuat maksimal 4 nama domain dengan akhiran co.cc. dalam kasus ini misalnya ke empat teman anda tersebut membuat nama domain dengan masing-masing adalah :

  • tokopertama.co.cc
  • tokokedua.co.cc
  • tokoketiga.co.cc
  • mitrajayatehnik.co.cc
  1. Setelah itu setting masing-masing domain tersebut agar ketika orang mengakses alamat tersebut misalnya tokopertama.co.cc, maka akan di redirect(di alihkan) ke alamat tertent

Ada yang harus di perhatikan saat anda setting URL forwarding yaitu :

  • Redirect to(URL). Maksudnya masukan alamat tujuan seperti diatas misalnya http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id .
  • Page title. Untuk nama title di hamalan yang di redirect
  • Yang penting adalah ini!!. Frame : pilih URL Hidding(hide real address). Gunanya ketika misalnya user mengakses alamat http://mitrajayatehnik.co.cc maka sebenarnya user sedang mengakses alamat http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id
  • Descripsion. Silahkan di isi sesuai isi web nya
  • Keyword membantu dalam pencarian di google. Jika orang memasukan kata kunci tersebut, maka situs ada akan masuk ke dalam kategori tersebut.
  • Setelah itu tinggal klik tombol setup.
  • Selesai

Catatan :

Untuk mengisikan setingan Redirect to(URL). Anda perkirakan saja kira-kira nanti nama subdomainya apa??. Karena yang penting anda sudah punya (beli) satu hosting yang dengan fasilitas subdomainnya.

Nama Domain yang di akses

Nama Subdomain yang di redirect

http://tokopertama.co.cc http://tokopertama.arkanet.web.id
http://tokokedua.co.cc http://tokokedua.arkanet.web.id
http://tokoketiga.co.cc http://tokoketiga.arkanet.web.id
http://mitrajayatehnik.co.cc http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id

2. Setting subdomain di hosting

Setelah kita membuat domain, maka langkah ke dua adalah kita membuat subdomain. Subdomain adalah fasilitas di hosting dimana kita bisa menyisipkan nama domain di samping nama domain asli. Misalnya dalam kasus kita adalah http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id. Dimana mitrajayatehnik adalah subdomain, dan arkanet adalah nama domain aslinya. Walaupun berbeda alamatnya tapi masih ada dalam satu hosting dan file-file web nya juga ada dalam hosting yang sama yaitu http://arkanet.web.id .

Adapun langkah-langkah dalam membuat subdomain adalah :

  1. Anda bisa masuk ke cpanel domain anda misalnya http://arkanet.web.id/cpanel masukan user dan password anda (sesuaikan dengan nama domain anda).
  2. Setelah masuk ke Cpanel, anda buat  subdomain.
  3. Setelah itu isi kotak subdomain untuk menentukan nama subdomain yang akan kita pakai. Misalnya subdomain nya adalah mitrajayatehnik. Setelah itu klik kotak kosong di samping document root. Maka akan muncul alamat folder penyimpanan file-file web nya (tidak perlu anda ubah!!). anda tinggal klik tombol create.
  4. Selesai dalam pembuatan subdomain di hosting. Untuk 3 subdomain lagi subdomain yang lainya caranya sama seperti diatas. Dan subdomain nya HARUS sama dengan domain yang kita buat sebelumnya di co.cc.
  5. Selesai.

3. Pembuatan web dengan joomla.

Setelah ke-4 subdomain di buat, sekarang kita menuju ke inti permasalahan yaitu pembuatan web untuk mempromosikan usaha ke-4 teman anda tersebut. Pembuatan web tanpa bahasa pemrograman, tanpa harus mengenal coding PHP, ASP, JSP. Kita akan menggunakan CMS (Content Management System) yaitu suatu teknologi dimana kita bisa mengelola content web anda tanpa harus bersentuahan dengan system yang ada di dalamnya. Salah satu CMS yang biasa di pakai adalah Joomla. Di dalah hosting ada biasanya sudah di sediakan sebuah menu namanya “Fantastico De Luxe” yang di gunakan selain menginstall joomla di web kita, bisa juga untuk menginstall yang lainnya seperti wordpress, mambo, PHP-nuke, dll. Ok langsung saja langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Ketika sudah masuk ke cpanel, klik menu “Fantastico” seperti gambar icon di bawah ini.
  2. Setelah itu pilih joomla, dan di sebelah kanan klik new installation (instalasi baru). Seperti gambar di bawah ini :
  3. Selanjutnya adalah settingan di subdomain mana anda akan menginstall web joomla ini?!. Karena kita ada 4 subdomain yang akan di isi dengan web joomla. Untuk contoh kasus ini adalah kita akan menginstall joomla nya itu di subdomain http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id. Adapun setingan lengkapnya adalah seperti berikut :
  • Install di domain : pilih salah satu nama domain yang telah di buat sebelumnya.
  • Install di directory : di kosongkan, biar system yang menentukan!!
  • User dan password untuk masuk ke joomlanya.
  • Admin email : masukan email asli anda, karena password dan username akan di kirim ke email anda. Jika suatu hari anda lupa!!
  1. Setelah itu klik Install Joomla.
  2. Untuk subdomain yang lain juga caranya sama seperti di atas. Intinya pilih di subdomain mana kita akan   menginstall joomla.

  3. Selesai.

Catatan :

Sampai disini selesai sudah kasus kita, setelah masing-masing web joomla sudah di install ke masing-masing subdomain. Anda tinggal mempelajari bagaimana cara membuat web dengan joomla. Gampang kok,,udah banyak bukunya J

4. Tahap testing

Setelah ke 3 tahap tersebut selesai, maka tahap terakhir adalah tahap testing domain.  Cara testingnya adalah :

  1. Buka browser mozila
  2. Masukan alamat http://mitrajayatehnik.co.cc (sesuaikan dengan nama domain yang anda buat) tekan enter
  3. Cek apakah web nya terbuka yang kita redirect ke http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id . jika iya, berarti anda telah berhasil mengalihkan web dari domain yang di buat di co.cc ke subdomain yang anda buat di hosting asli anda yang sudah anda install joomla tadi.
  4. Cek semua domain yang lainnya.
  5. Untuk masuk ke administrator joomla, kita melewati alamat http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id/administrator/ (sesuaikan dengan domain anda) . kita tidak bisa melewati http://mitrajayatehnik.co.cc karena url itu adalah url “bayangan” yang di gunakan user hanya untuk melihat informasi. Sedangkan untuk masuk ke “system” admin nya kita menggunakan url asli dari subdomain nya.

 

6. Kesimpulan

Jadi konsep ini di gunakan untuk meminimalkan biaya pembuatan web. Daripada kita membeli satu hosting untuk satu web. Lebih baik cukup membeli satu hosting dengan di pecah menjadi beberapa subdomain. Sedangkan domain gratisan co.cc di gunakan untuk mempersingkat nama dari subdomain. Contohnya subdomain http://mitrajayatehnik.arkanet.web.id cukup kita mengetikan http://mitrajayatehnik.co.cc . sedangkan untuk mempromosikan alamat situs anda bisa menggunakan ke dua alamat tersebut. Namun orang pasti lebih senang mengingat nama yang singkat, sehingga di sini lah gunanya co.cc selain untuk efisiensi biaya juga untuk menyingkat nama subdomain.

Ok, itulah konsep di kepala saya mengenai bisnis web maker. Semoga bermanfaat untuk saya yang mulai belajar. Dan bagi anda semuanya para pembaca.

Depok, 13-12-09

noname

 

 

 

 

 

Advertisements

5 Responses

  1. aku mau bisnis design grafis aja… anda pengen ikut? klik disana

    Like

    • terimakasih atas info nya : )

      Like

  2. bagus gus artikelnya. Oh ya selamat yah dah menang juara ke 9. berarti ada makan2makan nie
    heheee

    Like

    • makasih om, wah kayaknya lo pembaca setia web gw nu…hahahaha goooood.
      tar gw kasih permen 1 biji. bijinya aja permennya kagak…hahaha

      Like

  3. Wah boleh juga nih di coba…. tks ya buat tutorialnya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: