Mengaktifkan Email di hosting 000webhost.com


Orang sering mempunyai hosting baik di hosting yang berbayar ataupun tanpa bayar, tapi mereka tidak menyadari bahwa di akun mereka juga bisa membuat email langsung dengan nama domain mereka contohnya admin@agussumarna.co.cc. Mungkin mereka atau bahkan anda lebih nyaman menggunakan akun gratisan yahoo dan gmail begitu juga saya 😀 .

Selain kapasitas penampungan email yang besar yang sering kita gunakan untuk menampung email-email seperti milis, facebook, friendster, atau yang lainnya. Yahoo dan gmail juga cepat dalam pengiriman pesan.

Namun dalam tutorial ini, demi menambah wawasan kita, saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mengaktifkan email kita di hosting. Kan lumayan tuch kalo punya email dengan nama domain sendiri. Tidak selalu “nebeng” nama di @yahoo atau @gmail saja. Jika anda punya situs www.ganteng.com anda bisa membuat email dengan nama agus@ganteng.com 😀

Catatan :

Disini saya menggunakan hosting gratisan dari www.000webhost.com sedangkan nama domainnya saya dati www.co.cc dengan nama domai www.agussumarna.co.cc dan nama email yang telah di buat adalah admin@agussumarna.co.cc

Ok, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Saya asumsikan bahwa anda sudah mempunyai akun di 000webhost dan domain nya terserah anda disarankan di co.cc.
  2. Login ke 000webhost.com http://members.000webhost.com/
  3. Setelah masuk ke control panel, pilih menu “Manages Account Email”
  4. Setelah masuk, silahkan isi email ID misalnya jika saya masukan email ID admin, maka nanti alamat email saya adalah admin@agussumarna.co.cc. dan setelah itu masukan passwordnya. Kemudian klik tombol “create”.
  5. Setelah akun email di buat, maka kembali ke control panel dengan klik menu “go back”.
  6. Setelah ada di control panel, klik menu WebMail untuk memilih aplikasi web apa yang akan anda gunakan untuk membuka akun email anda tadi. Caranya klik menu “WebMail”.
  7. Setelah masuk, pilih saja salah satunya misalnya SquirrelMail.
  1. Maka anda akan masuk ke halaman aku email anda, disana seperti yahoo, dan gmail anda bisa mengirim, menarima, menghapus, dan menyeleksi email.
  2. Dan jika anda coba mengirim email ke sumarna_agus@yahoo.com ,maka email pun akan terkirim ke alamat yang dituju.
  3. Selesai.

Demikianlah tutorial mengenai setting email di hosting 000webhost, cara ini juga bisa di gunanakan untuk hosting yang lainnya. Semoga turorial ini bermanfaan untuk anda semua

https://ri32.wordpress.com/membuat-mail-server-localhost-dengan-mercury/

 

Depok, 15-12-09

noname

12 Responses

  1. Yth, Bpk. Agus Sumarna,

    Saya sudah membuat hosting di 000webhost.com dng domain dari co.cc. Namun ada kendala yang saya hadapi, email yg saya buat seperti petunjuk anda tidak bisa dibuka. didepan subjek-nya ada tanda bintang warna biru. Jadi email masuk tdk bisa di baca, email keluar tidak bisa dikirim. icon2 yg terdapat dalam webmail seperti tersamar alias tdk bisa di gunakan.

    Mohon pencerahan dari anda. Terima kasih.

    Like

  2. “tersamar alias tdk bisa di gunakan”

    biasanya kalo kita mengaktifkan email di akun 000webhost pada hari itu, maka kita tidak bisa langsung menggunakannya.

    ada tanda peringatan bahwa “email belum bisa dipakai untuk membaca dan mengirim pesan silahkan tunggu beberapa saat…”

    biasanya 2-3 hari baru bisa digunakan.

    mungkin itu kebijakan dari pihak 000webhost untuk mendaftarkan akun email kita di mail server nya.

    semoga anda puas dengan jawaban saya 🙂

    Like

  3. iya mas… ner bgt thu. enak punya domain ndiri. he he
    udah di coba nie…
    v np ya pas di coba di kirim lagi lewat email gratisan ke alamat saya yang pake domain ndiri, ko gax nympe-nyempe ya…np tu????

    Like

  4. mungkin karena perbedaan mail server nya. biasanya kan kalo kita ngirim email dari yahoo ke email yahoo lagi cepet banget paling 5 detik udah nyampe.

    kalo mas pake hosting n’ domain gratisan misalnya 000webhost n’ co.cc emang biasa seperti itu suka lama. bahkan bisa2 tak terkirim (email yang dikirim dari yahoo ke email admin@agussumarna.co.cc. misalnya) 😦

    kalo mas pake hosting sekaligus domain yang berbayar misalnya di rumahweb dot com, trus email yang anda buat bermasalah. tanya saja ke costumer service nya.

    semoga jawaban saya bisa membantu 🙂

    Like

  5. kalo membuat email dg aplikasi google dan 000webhost gmn gan?

    Like

    • maksudnya?

      Like

  6. mas saya sudah setting kok email saya ga bisa receive yah?hanya bisa sending? terima kasih sebelumnya

    Like

  7. maswardi,
    kalo membuat email dg aplikasi google dan 000webhost gmn gan?

    jwb>> klo dr 000webhost cara paling gampangnya
    masuk ke cpanel>Redirects>domainkamu/(isi)mail
    trus Redirects> http://mail.google.com/a/domainkamu
    finish

    Like

  8. boz ,,,mau nanya ni,?
    kalo mau buatin orang lain bisa ga ?
    misalkan udah buat domain co.cc dan hosting di 000webhost.
    terus kalo mau sign in kemana ya ?

    Like

  9. UP….
    hehehe
    maaf mas mau tanya
    saya sudah bikin di 000webhost dan sukses untuk mengirim email kemana saja
    tp kendalanya kenapa ga bisa dipakai untuk membuat akun di forumotion.com ya ???

    “The e-mail provided appears inaccurate…
    Please specify another e-mail or verify if it functions correctly.”

    mohon pencerahanya
    thanks before 🙂

    Like

  10. selamat sore gan..
    saya uda coba bikin 000webhost… email kirim bisa, tapi terima ngga… napa ya gan????
    mohon petunjuk ke belajarniat@gmail.com
    makasih

    Like

  11. trima kasih saya udh coba n hasil ny berhasillll

    Like

Leave a Reply

