Membuat Combobox dengan AJAX


Latar Belakang

Aplikasi AJAX kali ini adalah sebuah combobox dinamis, berdasarkan kategori Fakultas. Jika user memilih Fakultas Teknologi Industri, maka di bagian Jurusannya akan muncul combobox jurusan Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Teknik Elektro.

Database

Datanya diambil dari sebuah database “ri32-ajax” dengan tabel-tabel sebagai berikut :

Adapun file-filenya adalah :

  1. ajax.js untuk file ajaxnya
  2. index.php untuk halaman utamanya.
  3. proses.php berhubungan dengan file ajax.js untuk menampilkan jurusan dan menampilkan rincian dari data yang di input user.
  4. style.css untuk tampilan halaman.
  5. conn.php untuk konfigurasi koneksi php ke database mysql

Download Database :

http://www.4shared.com/file/218124418/2b61c052/combo.html

Download Aplikasi :

http://www.4shared.com/zip/Pn4daHs5/combo-ri32.html

Semoga turial ini bermanfaat untuk anda…aamiin

Depok, 9 Februari 2010

noname

20 Responses

  1. trims bos inponya..
    berguna banget.. cz q gi belajar n ajax

    Like

  2. OK…syukurlah jika dapat dipahami 🙂

    SEMANGATTT!!!

    Like

  3. Terima kasih atas segala ilmunya, mudah mudahan Allah membalas amal kebaikan mas…..Oh ya … mau nanya, kalo misalnya kita udah buat form seperti diatas, kemudian ada menu untuk ubah, bagaimana scriptnya , misalnya ketika saya pilih NPM =5040607 , secara otomatis muncul combo Fakultas=Teknologi Industri dan Jurusan=Teknik informatika, selama ini script yang saya terapkan Fakultas sudah benar tapi Jurusannya selalu mengambil record yang paling bawah, bukan Tekdin Informatika, tak lupa saya ucapkan terima kasih atas segala bantuannya.

    Like

  4. Halo Pak salam kenal,
    Dari tip yg diberikan, saya ingin tanya, bagaimana cara menyimpan data-data yg muncul pada combobox tersebut ke table lain, misalkan table bio
    misalnya dari contoh yg diberikan, saya ingin menyimpan id_jur pada table bio.
    table bio(id_jur,nim,nama)
    Terima kasih

    Like

  5. kenapa tampilannya berbeda. download scriptnya tidak sama dengan hasil yang ada di demo

    Like

    • iya, mungkin saya lupa menyesuaikan antara yang di downlaod dengan yang didemo labhouse.co.cc

      tapi menurut saya itu tidak terlalu bermasalah, silahkan anda kembangkan sendiri. semoga bermanfaat 🙂

      Like

  6. kalo terdapat 2 combo induk gmana ya, misal ada 2 combo fakultas, dan akan menampilkan masing2 jurusannya, yang terjadi adalah ketika saya sudah memilih jurusan pada fakultas pertama, kemudian saya memilih jurusan pada fakultas kedua.. jurusan pada fakultas pertama ikut hilang

    Like

  7. Pak, link download nya tidak bisa …. saya ingin belajar membuat seperti yang bapak buat … tapi link nya sudah tidak bisa lagi …. tolong diperbaharui … terima kasih

    Like

  8. http://www.4shared.com/file/rms2uMeI/shoutbox.html

    jika bad link silahkan konfirmasi. karena kasalahan ada di pihak 4shared yang mengubah kode linknya

    terimakasih 🙂

    Like

  9. ternyata setelah saya coba, kedua link nya bisa di coba.

    Like

  10. Mas, Bagaimana kalo di tambah dengan form untuk edit dan hapus. Terima Kasih..

    Like

  11. Mas, ko ga bisa dijalanin. Ga muncul kaya di demonya.

    Like

  12. Kalau cara editnya bagaimana mas?

    Like

  13. nice.. sangat brmanfaat thnks bro..

    Like

  14. pak kalo misalnya kita mau tambahin tanggal tapi tanggalnya itu pake combobox, itu cara nyimpennya gimana di databasenya?

    Like

  15. kalo buat Country and Zone gimana? saya coba susah banget konsepnya sama dengan yang mas agus bikin kan?

    Like

  16. kalau seleksi dari dua combobox gimana pak, misal menampilkan data matakuliah berdasarkan jurusan dan semester. Thanks

    Like

  17. kalo mau menampilkan ke dalam 2 buah textbox gimana ?

    Like

  18. bgy mna yah pak klw form yang di atas itu masuk ke dalam tabel yang baru, mohon penjelasannya pak…. bls di email aja pak

    makasih…

    Like

  19. bagaimana kalau saya memiliki combobox dinamis tapi dalam 1 form dengan menggunakan add row otomatis yang jquery..
    sehingga combobox dinamis akan terus berubah bila data kedua ketiga dst nya dipilih.bagaimna ya pak?
    jadi pada intinya saya menggunakan banyak combobox dinamis dalam 1 form,sehingga tiap pilihan akan terus berubah apabila dipilih untuk data yang kedua dst..
    terima kasih..
    bagi yang mengerti alurnya atau source nya tolong diskusikan dengan saya karena untuk keperluan TA saya..
    di alamat liadestiacando@gmail.com
    terima kasih 🙂

    Like

Leave a Reply

