Definisi Perguruan Tinggi Idaman


Artikel ini saya bawakan dengan sebuah cerpen…

Suatu hari ketika saya sedang mengetik artikel di kamar saya, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu kamar saya, eh ternyata adik perempuan saya. Namanya Atikah Aryanti, dia duduk dibangku kelas 3 SMA dan ingsyallah sebentar lagi lulus.

Dia duduk di kursi samping saya sambil melihat-lihat saya.

Ikah :    “Lagi ngapain kak?”

Agus :   “Eh kamu, kakak lagi ngetik aja nech. Ada apa?”

Ikah :    “Enggak, Cuma mau Tanya-tanya sebentar boleh?”

Agus :  ”Boleh donk, Tentang apa ?”

Ikah :    “Aku kan udah kelas 3 nech, sebentar lagi lulus. Aku mau Tanya, menurut kakak Perguruan Tinggi Idaman itu seperti apa sech?”

Agus :  “Cieh…yang bentar lagi mau kuliah…hehehe. Emm…menurut kakak PT(Perguruan Tinggi) Idaman itu adalah perguruan tinggi yang di idam-idam kan semua orang. Artinya semua orang ingin kuliah disana”

Ikah : “Och, trus yang jadi pertanyaan adalah kenapa semua orang ingin kuliah disana?”

Agus : “Jawabannya adalah karena ada beberapa faktor sekaligus menjadi kriteria bagi Perguruan Tinggi Idaman. Diantaranya adalah : “

  1. Minat. Ini berhubungan dengan kamu sendiri. Misalnya kamu suka tentang komputer, maka perguruan tinggi tersebut harus memiliki jurusan yang berhubungan dengan bidang komputer dan terakredisasi.
  2. Biaya. Pastinya kamu ingin kuliah di Perguruan Tinggi dengan biaya murah tapi kualitasnya bagus. Biaya yang murah dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga. Apalagi kalo di perguruan tinggi tersebut banyak program beasiswanya. Itu bisa jadi kesempatan kamu untuk berprestasi dan sekaligus membantu biaya perkuliahan.
  3. Fasilitas Pendidikan. Perguruan tinggi tersebut memiliki fasilitas Pendidikan yang lengkap mulai dari Laboratorium, Perpustakaan, Akses Internet, dll
  4. Reputasi. Pastinya bangga kalo kamu kuliah di Perguruan Tinggi yang terkenal. Terkenal bisa karena lulusannya yang banyak di serap dunia kerja. Terkenal karena prestasi akademik mahasiswanya, ataupun terkenal karena bekerja sama dengan Universitas di Negara lain.
  5. Pembentukan Hardskill dan Softskill. Perguruan tinggi idaman tidak hanya dapat membentuk lulusannya yang jago di bidangnya (Hardskill)  tapi harus mempunyai Softskill seperti kemampuan bekerja sama, berkomunikasi, beradaftasi, kemampuan mengambil keputusan. Yang semua itu dibutuhkan dalam dunia kerja.
  6. Suasana Kondusif. Perguruan tinggi idaman mempunyai lingkungan yang kondusif, dan aman. baik di lingkungan akademis maupun di lingkungan masyarakat.

Agus : “Itulah Definisi Perguruan Tinggi Idaman menurut kakak. Tinggal kamu cari dech perguruan tinggi idaman kamu.”

Ikah : “Och begitu ya kak…Ok dueh aku akan belajar sungguh-sunggu biar nanti dapet perguruan tinggi yang aku idam-idam kan…hehehe”

Agus : “Nah gitu donk harus semangat!!! Adikku”

Percakapanku pun selesai, dan saya melanjutkan mengetik artikel yang sedang anda baca ini. Terima kasih atas perhatiannya semoga artikel ini bermanfaat.

Depok, 15 Februari 2010

noname

Referensi saya :

http://www.ponorogozone.com/index.php?topic=1501.0

Advertisements

23 Responses

  1. cerita yang bagus untuk siswa yang berminat kuliah

    Like

  2. bagus tuh ketikkan artikelnya. . .
    tp kenapa ga Ngiming2i Universitas Gunadarma. .
    padahal smua kriterianya Gunadarma bgt dah. .
    hehehe. . .
    bukan promosi loh. .

    Like

  3. Hmmm….kayanya pengalaman pribadi nih. Emang gue juga dlu bingung mau kuliah jurusan apa dan dimana. Orang tua mah nyuruh lari ke ekonomi, padahal sewaktu SMA dlu, ketika ada pelajaran yg berbau IPS, gue pasti cabut atw g mending tidur j, sampe2 nilai Akuntansi gue g ada nilainya dan membuat wali kelas gue bingung kasih nilainya, tapi berbanding kebalik dengan nilai2 IPA gue yg alhamdulillah minimal 7.5…berhubung dari kelas 1 SMA gw sudah suka yg berbau IT, so gue paksakan kuliah ngambil jurusan itu walaupun ortu kurang suka, tapi gue punya alesan : “buat apa ngejalanin kuliah kalo terpaksa dan kita ga suka sm yg kita jalanin itu”. dan akhirnya ortu gue ikut sm kata2 n keamuan gue. Tapi kepengenya ngambil ilkom di UI, tapi sadar dri coz yg diterima satu angkatan hanya 20 orang saja dan terpaksa nyari kampus yg rada tenar yaitu : “GUNADARMA”…heheee…pertama masuk kuliah, “wah bebas bgt ga ky SMA dlu”, so semester 1 s/d 2 gue cabut trus dan ketiban sial & dapet ipk yg bner2 ancur. Akhirnya trus sadar & mikir, “wah g bakal bisa jadi ky onno purbo nih gue”…hihiiiii ngarep…trus sadar & kebut tuh ipk yg ancur dan disulap jd mantap dah….akhirnya sadar juga, semua harus dari diri sendiri dan kita harus bisa mengendalikan & mengarahkan diri kita tanpa paksaan orang lain dan alhamdulillah gue uda ngebuktiin smua itu… Semoga bisa dipetik sedikit pengalaman gue itu

    Like

  4. @bu riza :

    makasih ibuu 🙂

    @dekosinfo :

    kata panitianya juga ndak boleh iklan…hehehe. biar opini masyarakat yang menilai 🙂

    @Hate Spammer :

    cieh…yang curcol (curhat colongan)…hehehe

    iya, sesuatu yang menyenangkan adalah sesuatu yang di kerjakan dengan senang hati 🙂

    Like

  5. hmm semuanya kembali kepada diri masing2 , jika kita sudah masuk perguruan tinggi yang idaman menurut banyak orang tetapi kita tidak mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri kita sama saja bohong. (padahal gw sendiri blom tentu gitu 😀 )

    Self Practice sangatlah penting CMIWW 😀

    Like

  6. betulll….Perguruan Tinggi adalah sebuah sarana untuk menimba ilmu, tinggal kita nya yang mempunyai semangat untuk menyalurkan minat dan bakat….demi menggapai cita2…

    CMIIW = Correct Me If I’m Wrong = betulkan jika aku salah.

    Like

  7. ijin nyimak dolo gan,, :hammer:

    Like

  8. Wah kalo saya juga sama gus punya adik ce kelas 3 sma skrg, dy juga sk tanya tempat kuliah yg bagus dimana?
    berhubung saya dulu melihat universitas dari akreditasinya yaudah saya bilang aja ” cari aja universitas yang akreditasinya A”.. hehehe

    Like

  9. mantep ini mah dah pokoknya… bnykin lagi ah postingnya

    Like

  10. iyaa guz.. definisi yg dari kamu itu dah mengarah ke kampus kita.. hihe..

    ehm.. menurut aku,, gak ada salahnya juga sebelum milih kampus,, liat dulu akreditasinya.. setidaknya buat nambahin semangat kita.. ^_^

    last not least,, semangat buat adek kamu!!
    moga sukses dan tercapai cita-citanya..
    amiiiin.. 🙂

    Like

    • hehe…makasih ben2. kamu emang temen ku yang paling cuantik…hehehe (rayu dikit ah)

      aamin…makasih buat do’a n’ comment nya 🙂

      ingsyalloh kalo ketemu nanti di kasih permen…hehehe

      Like

  11. wah artikel ye,,menarik,,,
    penjelsan ya jg masuk akal smua ya,,
    emang klo memilih kampus idaman harus liat2 fasilitas yg di miliki kampus tersebut,,,
    Nice articel…

    Like

  12. nice….bagus buat bahan pertimbangan buat adek-adek kita yang ingin masuk perguruan tinggi….

    saya setuju dengan faktor no 1 yaitu MINAT…coba deh di bayangin kl seorang yang punya kemampuan IT tapi masuk dalam jurusan ekonomi alhasil pasti ogah-ogahan tu siswa/siswi untuk kuliah (gak ngedong bahasa gaulnya)maupun sebaliknya.

    keren om untuk penulisannya,,,lanjut terus lah ri32..hehe

    Like

  13. singkat, jelas, padat,,,,

    teruskan membuat materi yang bermutu seperti ini kawan….
    yang penting bermanfaat buat orang lain…

    🙂

    Like

  14. @Newbie :

    makacih comentnya 🙂

    @Om alam :

    “ngedong” di google translate ndak ada om…hehehe

    OK, lanjut terus pantang mundur!!!

    @z.bricks :

    wuuiiih Drumer masa depan 🙂

    aamin…

    Like

  15. om.. maaf ya lum sempet baca,,
    akhir2 ini lagi gak mood.. 😦

    Like

  16. ok ndak apa2 om

    makacih udah berkunjung 🙂

    Like

  17. weleh2 ada yang mau kuliah toh, abang agus pilih yg mana
    hehee….

    u punya ade gus? baru tau w
    hhmm…

    bagus2
    maju terus kerasimu gus, walaupun banyak project menghadang di depan kita
    heheee

    Like

  18. iya mau kuliah lagi di German…hehehe

    punya dunk https://ri32.wordpress.com/gallery-futu/

    ok. proyek 1M tetap jalan 😀

    Like

  19. Waah..,pertama2 aku ucapkan selamat u/ pembuatan artikel’y.Bagus banget dan juga sangat bermanfaat !!

    Terus berprestasi yaah buat mu dan semakin maju buat blog’y..
    Semangat agus’ kun !! : ) omedeto !

    Like

  20. Aamin…makasih ika buat semangat nya 🙂

    Like

  21. Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

    Like

  22. ok bro, good luck 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: