Masalah Path Pada Matlab


KASUS :

  1. Sebelumnya saya membuat program matlab dan saya simpan di luar directory matlab. Foldernya ada di E:\DOCUMENTS\CREATION\MySOFT\matlab saat saya membuka “proyek” program saya di matlab, kemudian saya menjalankan program saya.
  2. Tiba-tiba muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Artinya “file yang ada di folder  E:\DOCUMENTS\CREATION\MySOFT\matlab tidak berada di current directory MATLAB. Saya gak tau harus mimilih yang mana 😀 . Saya pun memilih “change MATLAB current directory” :
  3. Ketika saya mengklik OK dan programnya dijalankan. Tapi kenapa eh kenapa waktu mengklik salah satu tombol di program itu malah terdapat error seperti dibawah ini. Padahal sebelum nya baik-baik saja 😀

Saya berpikir, mungkin karena masalah path direktori. Karena program saya tidak saya simpan di current directory MATLAB nya yaitu di C:\Program Files\MATLAB71\work.

SOLUSI :

Saya ulangi ke kasus point 1. sampai di kasus point 2, saya mengganti pilihan dengan memilih pilihan bawah yaitu “Add directory to the bottom pf the MATLAB path”

Dan ketika dijalankan programnya dan fungsi-fungsinya bisa jalan kembali…HOREEEE

KESIMPULAN :

Emm..mungkin MATLAB kurang dinamis khususnya dalam pembacaan path directory. Terpaku pada current directory matlab. Jadi dapat saya simpulkan bahwa Jika program yang ada buat ada diluar current directory matlab, maka saat ada kotak dialog diatas pilih SELAIN “change MATLAB current directory.

Demikina tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari GUI MATLAB….trus semangat ya… 🙂

Depok, 28 Februari 2010

noname

Leave a Reply

