Membuat aplikasi pemilihan OSIS dengan PHP dan MySQL


Artikel ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan teman saya yang bertanya via email. Semoga bisa membantu…

“mas saya mau nanya, saya mau bikin program pemilihan ketua osis lewat php. mungkin konsep nya seperti polling. dan counting gitu. gambarannya seperti ini :

  1. Setiap siswa login terlebih dahulu untuk mencegah siswa yg sama memilih 2 kali.
  2. setelah login berhasil langsung dihadapkan pada halaman pemilihan dimana tercantum   keterangan setiap kedua kandidat  ketua osis beserta foto,visi – misi dll.
  3. setelah di click salah satu kandidat, si databese akan mengumpulkan jumlah “klik” yg dilakukan.
  4. lalu setelah itu langsung depersilahkan logout. dan kembali ke halaman login.

yg jadi masalah saya bingung di databasenya,bagaimana cara membuat database dimana akan megumpulkan setiap jumlah klik diantara kedua kandidat. bagi saya rumit nih saya pemula tp di tuntut membuatnya. sya butuh bantuan contoh sedrhananya, nanti biar saya kembangkan sendiri”

Database :

Tabel Siswa

Tabel Kandidat

DOWNLOAD :

http://www.4shared.com/file/-HYxv2MG/pemilihan_osis.html

Tidak banyak yang bisa saya jelaskan dalam artikel ini, silahkan pelajari contoh aplikasi web yang telah saya buat dan semoga bermanfaat untuk Anda semua 🙂

Depok, 06-07-2010

noname

12 Responses

  1. Semoga teman yang bertanya tu dapat jawapan kepada pertanyaannya dan semoga selesai masalahnya itu.

    Like

  2. Terimakasih banyak mas, sangat membantu ko 🙂 . insya allah bisa saya kembangkan lagi :).

    Like

  3. terima kasih banyak pak..
    modul-modulnya sangat membantu saya:)

    Like

  4. ok sama2 ^_^

    semoga bermanfaat…aaamin

    Like

  5. mas dmana sih htdocs directory’nya ???

    Like

  6. C:\xampp\htdocs atau di C:\Program Files\xampp\htdocs tergantung waktu menginstall xampp nya di mana.

    Like

  7. gan ane mau tanya ane pingin bikin pemilihan osis digital tp ane bingnung bagusan visual basic ato xampp???

    Like

  8. ‘mas ko pas buka http://localhost/pemilihan_osis/index.php langsung muncul username dan password salah trus mau klik tombol login jg g bisa mas..tolong bantuannya.

    Like

  9. iya mas baru buka index.php tp lgs Alert,,mohon pencerahan

    Like

    • IIa nih mas,, saya juga muncul pesan gtu..

      Like

  10. saya newbi, baru hari ini ketemu blog yg mantap ini.
    di komplek saya tgl 11 nop 2012 (tinggal 4 hari lagi) ada pemilihan RW/RT. apa saya bisa ya memodifikasinya dalam 4 hari?

    Like

  11. bagaimana cara menampilkan foto kandidat dalam bentuk memanjang ke samping 2 baris? soalnya kandidat ada 8 orang 😀

    Like

Leave a Reply

