Bagaimana cara mempercantik Blog WordPress


Ada teman saya mas Firmansyah yang bertanya :

Assalamualaikm…mas mw tanya ada tutorial membuat wordpress soalnya saya tertarik dengan wordpressnya mas agus yang https://ri32.wordpress.com/,.. itu mas bayar ato yang gratis soalnya saya coba pake yang gratis cuman bisa widget text cma disediakan satu… gmana ia mas ya aq sih tertrik membuat yang mirip” mas agus gitu ya mas klo ada tutorial lengkapnya nya bisa shering terima kasi sebelumnya saya tunggu kabarnya

waalaikum salam mas firmansyah ^_^

alhamdulilah dan terimakasih telah mengunjungi blog saya.

JAWAB :

1. “tanya ada tutorial membuat wordpress”

Saya belum coba menemukan tutorial lengkap untuk mempercantik blog wordpress, tapi kalau bukunya sudah ada saya lihat di toko buku🙂

banyak sech yang bertanya gimana cara mempercantik blog….Maaf jika jawaban saya ini kurang memuaskan.

2. “mas bayar ato yang gratis” ??

saya sudah lama menggunakan wordpress “gratisan”. bisa dilihat dari nama blog nya : ri32 <dot> wordpress <dot> com

ada kata wordpress yang menempel di nama blog saya.

kalau tidak mau ada nama ID wordpressnya, pakai sebuah web hosting, lalu install wordpressnya di menu fantastico.

  1. “pake yang gratis cuman bisa widget text”

Saya juga pake widget itu…

jadi, mungkin solusi ini yang bisa saya berikan…

SOLUSI :

Sesuaikan kebutuhan widget di blog anda. misalnya di blog anda itu ingin ada widget counter pengunjung, anda cari di google saja “tutorial menampilkan widget counter di blog”. nanti dapat sumber tutorial dari blog lain. Biasanya Anda dapat code html yang harus di copy-paste ke dalam widget “text”. setelah di “save”, refresh halaman blog Anda, jika berhasil widget counter pengunjung pun akan tampil di blog anda.

seperti itu prosesnya, kurang lebih sama untuk menambahkan widget yang lain dengan cara : memasukan sebuah code html yang didapat dari sebuah web, dan di simpan ke dalam widget “text” di blog Anda.

TIPS :

tema pertanyaanya adalah : blog yang “cantik”

seperti kata orang, cantik itu relatif🙂

dalam sebuah blog, content atau isi adalah kunci utama. artinya, jika content atau isi blog anda bagus, informatif, dan menarik. walaupun dari segi tampilan blog anda kurang menarik. pasti akan tetap banyak orang yang mengunjungi blog anda. karena informasi adalah sebuah kebutuhan.

Nah menurut saya, untuk mempercantik blog caranya seperti berikut… :

  1. Pilihlah template/theme blog yang menarik. misalnya dari segi warna tidak membuat mata orang yang membaca blog anda menjadi “lelah”. template itu bisa di analogikan seperti sebuah baju atau pakaian. orang bisa menilai Anda lugu, sederhana, glamour, trendy dengan melihat pakaian kita. begitu juga sebuah blog. pemilihan thema sangat penting karena akan mewakili anda sebagai penulis dan thema tulisan dari blog anda secara keseluruhan.
  2. Pilihlah widget yang anda butuhkan. di blog ri32 ini mungkin terlihat “ramai” karena banyak widget yang saya gunakan. tapi menurut saya, widget standar untuk blog itu adalah widget untuk menghitung jumlah pengunjung (hit counter). selanjutnya untuk widget yang lain terserah anda disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Kalau saya suka widget untuk menampilkan ayat-ayat alqur’an, tanggal hijriyah, asmaul husna, jadwal sholat serta arah kiblat. Niat ibadah mudah2an blog nya membawa berkah…aamin
  4. Widget yang umum seperti widget prakiraan cuaca hari ini, widget RSS untuk mengupdate berita dari suatu situs berita kesukaan anda seperti detik.com. dan masih banyak lagi widget yang lainnya.
  5. Jika template sudah di tentukan, widget sudah di cari, maka perhatikan penempatan dan tata letak dari widget-widget yang ada di blog anda tersebut. susunlah dengan rapi agar nyaman dilihat, serta tidak berantakan susunannya. gunakan jiwa seni anda untuk merapihkan dan meletakan widget anda tersebut. agar blog anda terlihat rapi, cantik, dan menarik untuk di kunjungi kembali.
  6. Jika dari segi design sudah fix, maka berkaryalah dengan tulisan-tulisan yang menarik, informatif, dan bermanfaat untuk orang banyak. gunakan bahasa yang sopan dan tulisan yang jelas. semoga blog Anda bermanfaat untuk diri Anda sendiri dan orang lain.

Sekian artikel dan jawaban dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua..aamin

Depok, 25 September 2010

noname

40 Responses

  1. Artikelnya sangat membantu…. mampirkesini juga ya http://totokbudiarto.wordpress.com

    Like

  2. Info bagus buat nubi, thanx gan infonya…

    Like

  3. untuk bikin library,gimana??

    Like

  4. Salam sejahtera… Salam kenal untuk Anda semuanya. Terima kasih,-

    Like

  5. Assalamualaikum pak mas kaka

    mksih tuh ats infonya tolong kunjungi blog ku juga
    http://belajarmengenalikomputer.wordpress.com

    Like

  6. assalamualaikuuum….artikelnya sngat membantu,nyaman di baca..lam kenal ja…ontruz.wordpress.com

    Like

  7. ikutan mejengg di sini ahh hehe..😀

    Like

  8. mas minta tolong cara mengganti header wordpress menggunakan nivo slider gimana ya… mohon pencerahannya

    Like

  9. mantap mas

    Like

Leave a Reply

