Membuat Aplikasi Image Thumbnail dengan PHP dan MySQL


Latar Belakang :

Pernahkah lihat gambar teman anda di FB atau di koprol yang ukurannya kecil-kecil seperti ini :

Image Thumbnail Facebook

Image Thumbnail Koprol.com

Nah, disini saya  ingin membuat sebuah aplikasi yang fungsinya adalah :

Untuk membuat ukuran file gambar menjadi kecil, tapi tidak membuat tampilan gambarnya menjadi “pecah”. dan saat gambarnya di save images as…, ukuran dimensi gambarnya sudah berubah menjadi kecil.

Cara Menggunakan Aplikasi :

Upload gambar yang akan di kecilkan ukurannya

Tampilan Output

Algoritma Aplikasi :

  1. Upload file gambar asli
  2. Gambar akan di upload, file asli disimpan di folder  files, dan file thumbnail disimpan di folder thumb.
  3. Data alamat gambar di masukan kedalam database imagedb.
  4. Gambar akan di tampilkan dengan susunan gambar asli, gambar hasil thumbnail, dan gambar yang di perkecil manual dengan mengurangi ukuran gambar.
  5. Selesai.

Cara menggunakan fungsi cropImage :

fungsinya disimpan di file conn.php, sedangkan bentuk pemanggilan fungsinya adalah sebagai berikut :

cropImage(45, 45, “$alamatfile”, ‘jpg’, “$alamatthumb”);

atau

cropImage(ukuran_lebar,ukuran_tinggi,alamat_file_sumber, tipe_gambar,alamat_thumbnail_disimpan);

 

Anda tertarik membuat atau mengembangkan aplikasi ini? silahkan download dan pelajari skript nya.

DOWNLOAD :

http://www.4shared.com/file/xV0cK2nJ/cropimage.html

 

Demikian tutorial dari saya, semoga bermanfaat untuk teman2 dan anda semua…aamin

 

Depok, 17-10-2010

 

noname

7 Responses

  1. Cara ini saya ada buat pada gambar-gambar di fail dokumen saya. Tapi gambar-gambar rakan fb saya seperti sudah diaplikasi automatik begitu. Mungkin Admin yang setkan jadi begitu. Yang ni saya dah biasa buat. Tapi kadang-kadang ada aplikasi yang saya takut nak buat sebab tidak mahu mengubah setting pada komputer saya. Saya pernah buat satu setting yang telah mengubah warna latar windows komputer saya jadi hitam seluruhnya, tak cantik langsung. Mujur dapat saya set balik ke latar yang asal.

    Like

    • iya, kalau ini khusus untuk web 🙂

      Like

  2. Khusus untuk web? Saya silap pula, saya bukan pakai cara yang sama dengan yang ini. Ada beberapa cara lain lagi yang boleh mengecilkan gambar. Dulu, saya ada mengisi web space yang disediakan admin di windows live saya. Saya menulis ‘iseng-iseng’ dan memasukkan gambar. Gambar yang besar boleh dikecilkan. Tapi saya dah salin/simpan tulisan-tulisan saya ke dokumen, kemudian saya padamkan semua yang saya tulis di web. Saya jemu menulis di web itu.

    Like

  3. punya proll juga gan???? wagh!!!! jgn lupa di alert yaw., @dc1.,

    Like

  4. berguna banget postingan ente gan.. izin sedottt gan,,,!!!

    Like

  5. trimakasih banget gan..
    izin ngembangin ye..!! 🙂

    Like

  6. Maaf gan, pas saya coba script nya kok gambar thumbnail nya cuman item aja ya, mohon pencerahannya !
    😀

    Like

Leave a Reply

