Membuat Form input data pada Java Netbeans


Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang program java untuk menginput data ke dalam database MySQL.yang perlu anda siapkan adalah :

  1. Database
  2. Library Koneksi
  3. Form GUI
  4. Script Koneksi
  5. Script Query

Database :

Download Database :

http://www.4shared.com/file/ReP-im77/java_dbsql.html

Library Koneksi

Saya asumsikan anda sudah mempunyai file koneksi dan melakukan klik kanan Libraries=>Add JAR Folder. sehingga hasilnya seperti dibawah ini. terdapat file “mysql-connector-java-3.0.17-ga-bin.jar

Script Koneksi

package config;

import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
/**
* @author Agus Sumarna
*/
public class DBConnection {
private Connection koneksi;

public Connection connect(){
//untuk koneksi ke driver
try{
Class.forName(“com.mysql.jdbc.Driver”);
System.out.println(“berhasil load driver”);
}catch(ClassNotFoundException cnfe){
System.out.println(“Tidak ada Driver “+cnfe);
}

//untuk koneksi ke database
try{
String url=”jdbc:mysql://localhost:3306/java_db“;
koneksi=DriverManager.getConnection(url,”root”,””);
System.out.println(“Berhasil koneksi”);
}catch(SQLException se){
System.out.println(“Gagal koneksi “+se);
//JOptionPane.showMessageDialog(null,”Gagal koneksi…MySQL server belum aktif”);
}
return koneksi;
}
}

Memanggil Method Koneksi

//panggil method koneksi
java.sql.Connection koneksi = new DBConnection().connect();

Script Query untuk input Data

try{
String sql=insert into biodata(nama,tanggal,alamat) values(?,?,?);
java.sql.PreparedStatement stmt=koneksi.prepareStatement(sql);

try{
stmt.setString(1,jTextField1.getText());
stmt.setString(2,jTextField2.getText());
stmt.setString(3,jTextArea1.getText());

stmt.executeUpdate();
JOptionPane.showMessageDialog(null,”Data berhasil di simpan”);
jTextField1.setText(“”);
jTextField2.setText(“”);
jTextArea1.setText(“”);

}catch(SQLException se){
System.out.println(“Gagal di simpan”);
JOptionPane.showMessageDialog(null,”Data Gagal di simpan”);
}
stmt.close();
}catch(Exception e){}

DOWNLOAD

http://www.4shared.com/file/siO4cVzQ/InputData.html

CATATAN :

Dalam membuat aplikasi java dengan mysql ini, saya sarankan untuk menggunakan software XAMPP. karena kita bisa menggunakan mysql sebagai databasenya dan PHPMyAdmin untuk membuat pengaturan database nya.

 

Sekian tutorial dari saya mengenai java, silahkan kritik, saran yang membangun.

Depok, 11-11-2010

noname

28 Responses

  1. izin mempelajari ya om……

    Like

    • silahkan, semoga dapat di pahami πŸ™‚

      Like

  2. izin om,,klu boleh ane mau nanyak,,pertama ane bikin form inputan yang input nya ke database mysql,setelah ane input semua data,,ane coba bkin tombol search…di form yang berbeda ,,tujuan ane untuk bisa ngesearch semua data yang pernah ane input sesuai kebutuhan..mohon pencerahan nya om ??

    maklum ane newbi3 sangat di java

    terima kasih sebelum nya om

    Like

  3. mungkin yang azhar maksud adalah ini

    ri32.wordpress.com/2010/11/25/aplikasi-pencarian-data-dengan-java/

    maaf jika salah πŸ™‚

    Like

  4. om,,ane boleh sharing tetang java g”..ane punya sedikit problem ne di java ?

    Like

    • silahkan, selama saya tau.

      tapi saya Java nya yang praktis, artinya langsung ke praktiknya di netbean. kalo konsepnya belum terlalu paham πŸ™‚

      Like

  5. om,,ane mau nanyak,,biasa nya di sebuah form login kan ada yang nama nya reset pasword atau ubah password,,ane udah bikin form untuk insert password ke database ,,nah ane sekarang mau bkin tambahan tombol untuk “rubah password” dan menambah textfield “masukan password awal” dan “username awal”,,ketika ane klick tombol rubah password,,maka secara otomatis pasword lama dan username lama yg ada di database berubah,,kira gmn ya om ??

    maklum ane newbi3 dan otodidak modal nekad πŸ™‚

    Like

    • emm…saya cuma bisa ngasih logikanya saja ya.

      itu cara kerjanya seperti update data. silahkan baca artikel saya
      ri32.wordpress.com/2010/11/15/update-data-pada-java-netbeans/

      misalnya didalam table kasir selain ada field username dan password, juga terdapat field “kd_kasir” yang sifatnya “unik” artinya satu user dengan user yang lain tidak akan memiliki nilai kd_kasir yang sama. dalam konsep database, kd_kasir juga disebut dengan “primary_key”.

      jadi ketika kita akan mengubah username dan password yang lama dengan yang baru querynya kurang lebih seperti ini :

      update kasir set username=”userbaru”, password=”baru123″ where kd_kasir=”2″;

      dimana nilai userbaru misalnya di ambil dari jTextfield1, dan password jPassword1.

      ***
      jika mas ingin melakukan validasi sebelum mengupdate username dan password bisa saja, nanti querynya kurang lebih seperti ini :

      update kasir set username=”userbaru”, password=”baru123″ where username=”userlama” and password=”lama123″;

      dimana nilai userbaru misalnya di ambil dari jTextfield2, dan password jPassword2.

      ::sehingga jika usernane dan password lama nya tidak sesuai dengan yang ada di database, maka proses update tidak dijalankan

      kurang lebih seperti itu, maaf jika kurang dimengerti πŸ™‚

      Like

  6. maksih sebelum nya om,,,ane ke tkp dlu πŸ™‚

    Like

    • Siip πŸ™‚

      Like

  7. thankz before…

    Like

  8. om nanyak,,,ane punya sebuah tabel,, field nya terdiri dari ” kode,username,password”,,ane mau select untuk bisa login, pass ane klik tmbol login. udah ane ikut tutorial di om google masih ja merah2 code nya,,mungkin om bisa ngasih pencerahan sedikit ??

    terima kasih

    maklum ja om… πŸ™‚

    Like

  9. kalo itu saya khusus membahasnya di artikel ini :

    ri32.wordpress.com/2010/11/15/membuat-aplikasi-login-di-java-netbeans/

    Like

  10. bos saya dowload file yang input data gak bisa dan gimana caranya bila saya nambahkan tombol simpan pada yang program klik tabel tsb trims

    Like

  11. gan knpe ga bs di download ye tolong penjelasannye….

    Like

  12. emm…saya kurang tau. tapi selama ini bisa. mungkin proxy di tempat anda yang memblock untuk download ke 4shared. CMIIW

    jika tidak bisa, silahkan klik link dibawah ini dah cari katakuncinya :

    inputData
    java_dbsql

    http://www.4shared.com/u/Wj51ofLt/httpri32wordpresscom.html

    semoga bisa membantu.

    Like

  13. tetep ga bs didownlod gan….y ud ane copy scriptnye aje…..btw ane mau nanya gan punya tutorial aplikasi java neatben yang bs mengirim email thanks seblumnya gan

    Like

    • sory i don’t know your problem : )

      silahkan cek ini :

      http://www.javabeat.net/tips/33-sending-mail-from-java.html

      Like

  14. gan bs kirimin ke wa file rar input data ke emai wa ….arierisma@yahoo.co.id ……thanks gan

    Like

  15. makasih gan artikelnya, salam blogger

    Like

    • waalaikum salam πŸ™‚

      Like

  16. emmmm….nyimak dulu ajah neh kakak…. πŸ™‚
    kunjungan balik yah….
    http://blogsite69.blogspot.com/

    Like

  17. kang link nya udah kehapus
    tolong gan dibenahin mau belajar soalnya πŸ™‚

    Like

  18. mkasih ya mas,,,,

    Like

  19. bang…numpang tanya
    palet utk nyimpan gambar, dimana nnt tampilan form nya ada utk unggah gambar dr data di flashdisc yg dimasukkan
    klo blh scriptnya jg
    thks

    Like

  20. admin,,tanya dong,,kalo inputnya auto increment scriptnya gmna?

    Like

  21. mantap bang….. cukup membantu.

    Like

  22. mas, naruh method panggil koneksi nya d mana ya di kodingan form input, ? mohon balasannya,,

    Like

Leave a Reply

