• Kategori Tulisan

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog Ri32 dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email anda. Jika sudah bosan silahkan unsubscript.
    Terima kasih... : )

    Join 919 other subscribers

Membuat Web Multi Bahasa dengan Widget Translate


Latar Belakang

Terkadang kita ingin didalam web kita terdapat fasilitas translater (penterjemah) agar content yang ada di dalam web kita seperti berita atau artikel bisa dibaca atau dimengerti oleh user yang berada di negara yang berbeda dengan bahasa yang berbeda pula.

Solusi yang sering digunakan adalah dengan google translate. namun kurang nyaman dilihat karena web kita pindah kehalaman google translate.

Solusi

Dengan menggunakan widget yang disediakan oleh situs http://translateth.is. Anda bisa menterjemahkan web anda tanpa pindah ke halaman google translate.

Cara Penggunaan Widget

Syarat menggunakan widget ini adalah anda sudah tersambung ke internet. karena cara kerja widget ini adalah tetap menggunakan jasa google translate namun bekerja di “belakang layar”.

Jika sudah tersambung, buat sebuah file HTML (index.html). untuk pengembangan selanjutnya anda bisa menyisipkan codingnya pada file PHP. codingnya adalah sebagai berikut :

<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd”&gt;
<html xmlns=”http://www.w3.org/1999/xhtml”&gt;
<head>
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”text/html; charset=iso-8859-1″ />
<title>Web Multibahasa</title>
http://www.google.com/jsapi
http://x.translateth.is/translate-this.js

TranslateThis();

</head>
<body>


Selamat Datang
</body>
</html>

batalkan proses penterjemahan, anda pilih dahulu salah satu bahasa. Maka dibagian atas akan ada sebuah link “Undo” untuk kembali ke bahasa asli web yang semula. klik link tersebut maka halaman web anda akan di terjemahkan ke bahasa semula.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Depok, 25-11-2010

KangAgus

5 Responses

  1. ok bos dicoba, makasih infonya..

    Like

  2. sip bozz……thanks infonya
    by indomatika, fuad indra setiawan

    Like

  3. sip..sip…..
    makasih banget infonya…

    Like

  4. om, saya ini baru mendapat pelatihan dasar membuat web dari cms balitbang. tapi gak di ajarin tuh menambah atau mengubah skrip. seperti contoh pemasangan jam dari alhabib dan asmaul husnah. tolong dong bantuannya untuk memasuk kan data tersebut.

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.