Membuat Konfigurasi dan Koneksi Oracle XE dengan PHP


ri32-oracle-10g
Latar Belakang

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara konfigurasi dan koneksi. konfigurasi di mulai dari instalasi sampai setting file “php.ini“. sedangkan untuk koneksi dimulai dari cara pembuatan script php sampai testing koneksi.

Tahap Instalasi

Untuk tahap pertama ini kita membutuhkan software Oracle. untuk proses instalasinya sama seperti kita menginstall software yang lain. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel dari mas khannedy.

Sedangkan untuk PHP nya, kita bisa menggunakan software XAMPP.  walaupun didalam xampp sudah ada database MySQL, namun tidak terjadi bentrok.

Tahap Konfigurasi

Untuk setting PHP nya, Edit file php.ini yang terletak di direktori “C:\xampp\php”. Cari tulisan (Tips Ctrl+F ketik keyword oci) dan temukan ekstensi ;extension=php_oci8.dll

Tahap Databse

Setelah kita berhasil menginstall software oracle XE dan melakukan konfigurasi di PHP, untuk masuk ke halaman login web oracle express edition bisa melalui Start menu>All Programs>Oracle Database 10g Express Edition>Go to database home page.

Jika anda pertama kali menginstall oracle XE, untuk login nya gunakan username “system” sedangkan passwordnya adalah password saat anda menginstall Oracle XE. (masih ingat kan?). user system adalah user paling tinggi seperti root di MySQL.

Ketika sudah berhasil masuk ke halaman system, kita akan meng unlock user hr yang selanjutnya kita akan menggunakan  user ini untuk belajar oracle dan php. adapun caranya adalah dengan pilih icon menu Administration>Database Users>HR. Seting yang perlu ada lakukan adalah :

  • Masukan password baru misalnya : hr (untuk belajar gunakan saja username dan passwordnya adalah hr, walaupun bisa anda ganti dengan password yang lain).
  • Account Status diubah jadi : Unlocked.
  • User Privileges centang saja semuanya.
  • Klik tombol Alter User untuk menyimpan settingan.

Perlu diketahui bahwa dalam oracle XE hanya terdapat satu database yaitu //localhost/XE atau database XE. sedangkan untuk sub-sub databasenya dibedakan untuk masing-masing user database. salah satu user database adalah hr yang sudah kita setting diatas.

Untuk setiap user database mempunyai tabel-tabel tersendiri. anda pun bisa membuat user database yang baru misalnya user database dengan nama “agusDB” atau “mahasiswaDB” yang didalamnya mempunyai masing-masing table tersendiri.

Tahap PHP

Setelah tahapan diatas berhasil dilakukan, maka saatnya untuk mencoba melakuakn koneksi antara PHP ke database Oracle XE. Sebelumnya saya asumsikan teman-teman sudah menginstall dan menjalankan software xampp.

Adapun caranya melakukan koneksi adalah buat file conn.php dan ketik coding dibawah ini :

<!–?php
$user=”hr“;
$password=”hr”;
$host_db=”//localhost/XE“;
$conn= oci_connect($user,$password,$host_db);

if(!$conn){
echo “Gagal Koneksi”;
}else{
echo “Berhasil Koneksi”;
}
?>

kemudian simpan di folder htdocs misalnya C:\xampp\htdocs\oracle-php. buka browser misalnya mozila dan ketik di address barnya http://localhost/oracle-php/conn.php

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Depok, 27-11-2010

noname

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: