Cara menghindari ajaran sesat


Pada artikel kali ini saya akan sharing pengalaman tentang cara menghindari ajaran sesat. cerita ini diambil dari pertanyaan saya kepada seorang teman akhwat yang alhamdulilah ilmu agamanya lumayan bagus.

Assalamualaikum, gimana pandangan anda tentang ajaran sesat yang “berkedok” islam?? soalnya saya waktu kuliah pernah diajakin juga oleh orang yang berpura-pura menjadi “teman”.
ceritanya saya tulis disini teh untuk pengalaman…
https://ri32.wordpress.com/2008/07/09/teman-apa-teman/

Kyanya masalah ini ngga akan habis2 ya Gus, di UG sepertinya jadi sasaran terbesar ke Dua setelah UI..temen saya jg dl pernah diajakin, dia orangnya polooos bgt (kadang kebangetan polosnya :D), kronologisnya hampir mirip sm yg Agus ceritain : awalnya ngobrol>diajak ketemuan di Mall or suatu tmpat (smacam kontrakan mngkn) >mw numpang nginep di kosan dgn berbagai alasan.

Awalnya sy curiga ke temen sy itu (katakanlah si A) : dia sering banget nanyain tentang “ngaji”. Kurang lebih dialognya begini:

si A : “Inun, kamu suka ikut pengajian2 gtu ngga?”

Sy : “Pengajian?..Pengajian apa dl niy? aq c sering ikut pengajian..”

si A : “Terus kl lagi ngaji ngapain aja gtu ngajinya?”

Sy : “Ngaji ya ngajilaah…baca Al-Quran, benerin bacaan Al-Qur’an, ngebahas tentang ilmu Qur’an, ngebahas tentang keIslaman,ya banyak laah…mang knapa c kok nanyanya begitu?…mw ikutan ngaji yuk?…” (sy seneng banget kl “ngegodain” dia :D)

si A : “Oo gtu ya Nun?…ngga ada yang aneh2?” (mukanya yg polos,kliatan bgt ragu2..hehe)

Sy : “Aneh2 bgm c maksudnya??…udah deh jujur aja..emangnya km ada yg ngajakin ngaji gtu?..cb jelasin ke aq gmana ceritanya..ngga usah ada yg ditutup2in ya,critain dr awal smuanya ke aq…” (sdikit gregetan :D)

Dia cerita kronologisnya panjang lebar (udh sdkt sy bahas diatas)
Intinya sampai si A ngerasa risih krn berasa diikutin. (krn orgnya selalu maksa pngen numpang nginep dikosan tmnqu,aq lupa dia ngasi ijin atw ngga,yg jelas tu “perempuan” (yg ngajak2in) udh tw lokasi kosan tmnqu)

Sy : “Oo gtu..aq udah ngerti deh alurnya,yauda kl emang mw pindah kosan,silahkan deh cari kosan baru aq dukung..”

si A :”Iya teruuusss..kl di pengajian Inun ada infaq2 gtu ngga?” (masih takut2 mw tanya)

Sy : “(Waah udah makin kuat ni kecurigaanqu) ya kl infaq mah ada…tp serelanya aja..km di mintain infaq juga ya??ditentuin nominalnya??”

Sy : “Iya…” (kayanya mulai takut,kok jd aq yg interogasi :D)

Sy : “Udah bilang aja ngga usah takut..km diminta infaq berapa??”

si A : “Satu juta…”

Sy : “Haaahhh??mana ada infaq ditarifin..??satu juta lagi,yg bener ajaa..Astaghfirullaah!!…lagian emangnya km ada buat bayar segitu??” (nyoba mancing)

si A : “Aq kmarenan c nyoba minjem ke kakak kelas PaDus qu (Paduan Suara).”

Sy : “Ya ampun ampe minjem2?..Trus udah dkasi pinjem gtu??”
(tambah gregetan :D)

si A : “Belum sih…”

Sy : “Udah deh..ngga usah ikut2 ngaji yg kya bgituan lagi,aneh,jelass!!”

si A : “Trus aq mesti gmana dong??” (poloss bgt2 :D)

Sy : “Yaudah..kl emang tu org udh tw kosan kamu,aq saranin c lebih baik pindah deh cari kosan baru, soalnya susah kl udah begini urusannya,trus utk masalah uang..ngga ngga!ngga usah!mendingan buat aq kali duitnya!wkwkwk” (lagian yg bener aja..ni br kenal udah minta sjuta,apalagi udah akrab :D) ngga ada ngaji2 kaya bgini mah..

Yawda akhirnya dia kabooor cari kosan baru,dn berusaha ngilangin jejak yg lainnya..hehe

Jadi panjang x lebar gni ceritanya *share aja x ya

Ya intinya mngkin hal2 sperti ini mmng selalu ada, Nabi jg sudah bilang bahwa Islam dikemudian hari akan terpecah menjadi beberapa golongan. Mngkn sdh bisa dilihat sendiri sekarang sdh mulai banyak faham2 atau aliran2 baru, yg mengaku utusan malaikat lah, Nabi terakhir lah (zaman Rasul jg kan dl banyak Nabi2 palsu). Jadi ya kita ikut yang memang jelas berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunnah saja…

Wallahua’lam bishowab

Depok, 14-4-2011

noname

Advertisements

3 Responses

  1. wah,,harus hati2 juga tuh, dari jaman dulu ampe sekarang ada terus tuh aliran kayak gitu. gundar ampe disebut “kampus sejuta umat”.

    Like

  2. Waaaah !!
    Ketahuan yah sekarang, ter’yata agus’ kun orang yang ngegemesin.. : D hehehe..
    Eh salah deh. Maksud’y gemesan gitu deh. Hee..
    ” Hati2 agus’ kun “.

    Like

  3. makasih pa.aguss..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: