Nikmat Nafas dan Udara


Sahabatku mari bertafakur semoga kita menjadi orang yang bersyukur…aamiin

Latar Belakang

Saya peduli dan kasihan kepada teman-teman mahasiswa, semakin banyak yang merokok dan sudah tidak menghiraukan lagi tempat-tempat yang seharusnya dia tidak merokok seperti di lingkungan mesjid atau di lorong kelas.

Pada artikel ini, saya mengajak teman-teman yang masih merokok untuk bertafakur dan bersyukur kepada Allah atas nikmat udara yang kita hirup setiap saat. sehingga janganlah merusak nikmat Allah tersebut dengan merokok.

Tafakur

“Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas umat manusia, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mensyukurinya.” (QS. Yunus: 60).

Sebuah penemuan yang menarik menyebutkan bahwa 60% dari tubuh manusia adalah oksigen. Oksigen terdapat dalam darah, daging, tulang, otot-otot, dan semua komponen tubuh kita. Bahkan makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak luput dari oksigen. Singkatnya, semua bagian tubuh kita tanpa kecuali butuh oksigen agar tetap tumbuh sehat. Sehingga bisa dipastikan, anggota tubuh manapun yang kekurangan oksigen akan menderita sakit. Pasien rumah sakit yang sistem pernafasannya (respiratory system) lemah akan dibantu dengan selang oksigen. Itulah kiranya mengapa orang-orang sufi selalu menganjurkan agar kita senantiasa mengingat atau berdzikir pada Allah dalam setiap tarikan nafas. Bahkan sebenarnya tidak hanya makhluk hidup saja yang perlu oksigen. Berbagai industri yang berbahan dasar logam atau baja membutuhkan banyak oksigen dalam proses pembakarannya.

Mengapa Allah Swt menentukan bahwa kadar oksigen di permukaan bumi ini sebesar 21%? Tentu ini terkait dengan keberlangsungan kehidupan di dunia. Para peneliti berpendapat bahwa seandainya kadar oksigen di lapisan udara lebih kecil dari 15%, maka api tidak akan menyala. Karena, kandungan oksigen tidak akan cukup untuk melakukan interaksi.
Seandainya kadar oksigen mencapai lebih dari 25%, maka segala yang ada di dunia akan hangus tanpa perlu disulut api, cukup dengan panas matahari saja. Hal yang aneh dan membuat para ilmuan kagum adalah bahwa jika semua makhluk di bumi terkena cahaya matahari secara langsung, maka mereka akan mati dengan cepat. Akan tetapi, Allah Swt membekali lapisan udara dengan gas ozon karena kasih sayang-Nya.

Oksigen (O2) merupakan kunci segala kehidupan. Kita bisa hidup beberapa hari tanpa makanan dan air, tetapi tidak dapat hidup selama 4 menit saja tanpa Oksigen. Bahkan sel-sel Otak kita akan mati bila dalam waktu 15 detik tanpa adanya Oksigen. Setiap sel didalam tubuh manusia membutuhkan Oksigen, untuk membelah, untuk bertumbuh dan untuk sel tetap hidup.

Manfaat Oksigen :

  • Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.
  • Menegah kanker, asthma dan berbagai penyakit.
  • Meningkatkan metabolisme.
  • Mengurangi racun dalam darah.
  • Menstabilkan tekanan darah.
  • Memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh.
  • Mencegah stress dan gugup.
  • Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini.

Banyak penyakit di era modern sekarang ini yang disebabkan oleh kekurangan oksigen. Ini adalah masalah serius dunia. Dengan Oksigen tubuh akan mampu meregenerasi sel, membantu memperbesar daya absorbsi vitamin dan nutrisi, meningkatkan sitem kekebalan tubuh dan menetralkan zat-zat beracun dalam aliran darah.

Bersyukur

Ini adalah anugerah dari Tuhanku, agar ia mencoba aku, apakah aku bersyukur ataukah aku kufur. Siapa yang bersyukur, sesungguhnya ia bersyukur kepada dirinya sendiri, dan siapa yang kufur, sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya dan Maha Mulia.” (QS. An Naml: 40)

Teman-teman semua sudah tau sendiri manfaat oksigen bagi tubuh kita. apalagi yang tinggal di kota-kota besar seperti jakarta-depok dan sekitarnya. udaranya sudah terpolusi. jangan di tambah lagi dengan merokok. sayangilah paru-paru mu, jantungmu, uangmu, orang-orang yang ada di sekitarmu. semoga Allah juga menyayangimu…aamiin

Solusi Islami

Sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang Allah berikan kepada kita setiap saat bahkan saat kita tertidurpun, nikmat Allah itu tak pernah putus. yang menopang kehidupan kita di dunia yaitu nafas dan udara.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS.Ibrahim: 7)

Yang bisa kita lakukan adalah :

Sholat Shubuh dimesjid

Kadar Gas Ozon (O₃) Dalam Udara Shubuh Mencapai Titik yg Paling Tinggi, Kadar Ini Akan Berkurang & Secara Berangsur Akan Hilang Begitu Matahari Terbit. Gas Ini Bermanfaat Bagi Organ² Syaraf, Karna Dapat Mengaktifkan Kerja Otak & Otot Tubuh. Karna Itu Seseorang Akan Mencapai Puncak Pikiran & Otot²nya Waktu Pagi.
Saat Menghirup Udara Pagi, Seseorang Akan Merasakan Kenikmatan & Kegembiraan yg Tidak Dirasakan Waktu Siang.

Sholat Dhuha Sebelum beraktifitas

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah ”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Saum Sunat Senin-Kamis

Rasulullah SAW bersabda: “Semua amal akan ditunjukkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika saat amalku ditunjukkan, aku dalam kondisi Shaum.” ( Hadits Hasan riwayat at Tirmidzi)

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin 🙂

Depok, 13-03-2012

noname

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: