Membuat Digit Nominal Angka dengan Javascript



Latar belakang

Untuk membuat aplikasi keuangan berbasis web, kita membutuhkan tampilan untuk memudahkan user dalam menginput nilai uang. misalnya nilai 150000 saat di input akan terdapat tanda titik pemisah setiap 3 digit menjadi 1.500.000. namn ketika di simpan di database, nilainya tetap tanpa titik pemisah.

Coding Javascript

function kurensi(nilai)
{
bk = nilai.replace(/[^\d]/g,””);
ck = “”;
panjangk = bk.length;
j = 0;
for (i = panjangk; i > 0; i–)
{
j = j + 1;
if (((j % 3) == 1) && (j != 1))
{
ck = bk.substr(i-1,1) + “.” + ck;
xk = bk;
}
else
{
ck = bk.substr(i-1,1) + ck;
xk = bk;
}
}
return ck;
}

function ri32()
{
ttm = document.getElementById( ‘postform’ ).elements[‘jumlah_transaksi’].value;
strtt= ttm.toString();
kttm = kurensi(strtt);

document.getElementById( ‘postform’ ).elements[‘jumlah_transaksi’].value = kttm;
}

Coding PHP

<?php
if(isset($_POST[‘submit’])){
$nilai=str_replace(“.”,””,$_POST[‘jumlah_transaksi’]);
echo “Nilai Sebenarnya : “.$nilai;
}else{
unset($_POST[‘submit’]);
}
?>

<html>
<head>
<title>Ri32 Community</title>
http://ri32-fungsi.js
</head>
<body onLoad=”document.postform.elements[‘jumlah_transaksi’].focus();”>

<form id=”postform” name=”postform” method=”post” action=”index.php”>
<input style=”text-align:right;” name=”jumlah_transaksi” onKeyup=”ri32();” value=0>
<input type=”submit” name=”submit” value=”Kirim”>
</form>

</body>
</html>

Download

http://www.4shared.com/zip/_fIDVd2L/bilangan-ri32.html

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cibubur, 4-6-2012

GusnaNuri

Advertisements

6 Responses

  1. Mas misal untuk teknik average pada javascript+php gimana rumusnya? Misal pada nilai rata ujian=ujian tulis+ujian praktek/2.
    90+80=85 yang benar.
    jika 90+(-)=90 gimana y mas…. ket.(-)kosong krn tidak ada ujian praktek.. tolong mas. plis…solusinya.

    Like

  2. klo di vb sih contohnya seperti ini:
    dim nilai1 as single
    dim nilai2 as single

    private sub hitung()
    if nilai1=”” then nilai1=0
    if nilai2=”” then nilai2=0

    hitung=nilai1+nilai2
    end sub

    klo di php/js saya belum tau karna lagi pgn coba 🙂

    Like

    • nice sharing

      Like

  3. Klo di php gimana Kang Agus dan Mr.X? Atau punya solusi lain…

    Like

  4. Aku dapat solusi sedikit kygni…
    SELECT id, ( IFNULL(data_a,0) + IFNULL(data_b,0) ) AS jumData FROM `data_contoh` GROUP BY id
    Hasil:
    ID 1 : 2+6 = 8
    ID 2 : 4+NULL = 4
    ID 3 : 5+NULL = 5
    ID 4 : NULL+7 = 7

    tapi untuk di php gimana y mas..

    Like

  5. klo bentuk entry texbox nya ada komanya gimana ya mas..contoh 1.500,15

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: