Membuat Aplikasi Web GIS dengan PHP dan Google Maps


Latar Belakang

Sebelumnya saya pernah belajar tentang GIS dengan menggunakan mapserver. untuk alternatif lain, saya membuat aplikasi GIS sederhana dengan menggunakan Google Map.

Aplikasi yang dibuat adalah GIS untuk menampilkan informasi bencana alam yang terjadi di indonesia. sehingga user bisa menginput koordinat, nama bencana, jumlah korban, dan tanggal kejadian bencana.

Informasinya ditampilkan dalam 2 cara yaitu dalam bentuk peta digital dan dalam bentuk grafik diagram pie, sehingga di ketahui prosentase bencana yang banyak terjadi di indonesia.

Database :

Download

Inti Program

Dalam aplikasi GIS dengan google map dibutuhkan 3 file yaitu :

  1. ambildata.php
  2. simpanlokasi.php
  3. peta.php

Aplikasi ini adalah prototipe yang saya buat, silahkan teman-teman mengembangkannya sesuai kebutuhan atau untuk bahan pembelajaran.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cibubur, 3-08-2012

GusnaNuri

31 Responses

  1. mas mau tanya databasenya saya sudah import ke mysql tapi gak ada tabelnya?

    Like

    • tidak untuk di import, tapi untuk di extrak langsung ke folder data di mysql : )

      Like

  2. saya sudah coba extrak trus copy ke xampp/mysql/data/ yg ke baca dari phpmyadmin hanya tabel view informasi itupun error mas!!!

    bisa minta solusinya?

    Like

    • ok mas trimakasih feedback nya, saya sudah menyetahui letak kesalahannya. saya sudah mengupload file db_googlemap.sql sebagai databasenya.

      Like

    • wah terima kasih mas!
      ini bisa jadi referensi skripsi saya!!

      Like

  3. makasih pak 🙂

    Like

  4. kalau mencari lokasi berdasarkan kategori gmn? thx B4
    salam kenal
    Genduet Blog

    Like

  5. thanks gan,, mantab…………………..

    Like

  6. kenapa database nya yang baru juga error di wamp saya mas?
    di ‘info-bencana’ tidak bisa tambah data
    thx before

    Like

  7. db nya gak bisa di download mas.

    Like

  8. waah keren… saya ada pertanyaan dikit nih mas, ada beberapa bug error kalau menggunakan wamp ya?? hmm.. apakah ada ketentuan tertentu atau bisa dishare juga gan compatible versi webservernya apa??

    Like

    • saya paka appserv aman2 saja gan 😀

      Like

  9. Mas, mau tanya nih mas..
    Kalo untuk membuat “penunjuk jalan/get direction” misalnya dari titik A menuju ke titik B gitu bgmna ya mas caranya?? kesulitan mas saya mau nyoba mbuat yang itu, lg minim referensi nih mas lagi butuh buat tugas waktu dekat ini..
    smoga bisa mnjadi sarana komunikasi yang bermanfaat..
    trimakasih sbelumnya

    Like

  10. Mas kenapa kalau file ini saya buka secara single(tanpa template) petanya bisa di load.
    Tapi kalo peta ini saya include’kan ke dalam tema template saya kok petanya ga bisa tampil/di load mas..??
    kira2 kendalanya dimana ya mas??? tolong bantuannya..

    Like

  11. bae banget dah maksih mas, oh ya editnya belum ada thu 😀

    Like

  12. assalamu alaikum…mau nanya nih kang agus file peta yg kang agus share kebetulan dah saya ubah jadi peta penyebaran penyakit …nah disini sy lg bermasalah dgn penyimpanan marker nya …buat penyimpanan data dan tampilan datax dah ok semua cuman yg gak mau kesimpan marker petax…klo di kang agus punya marker petax pake 3 marker perubahan saya menggunakan hanya 1 marker tapi gak mau nyimpan markerx cuman data doang file ambildata ma simpan udah sy ubeg2 kang…tapi gak mau jg mohon…masukanx kang agus….wassalam

    Like

  13. mantap nich , kang, numpang sedooot

    Like

  14. bismilah..
    jazakallah khaira atas artikelnya…memberi wawasan baru buat saya. o ya mas mau tanya agar yang tampil petanya hanya DIY saja gimana ya???

    Like

    • set aja mas bro di titik koordinat peta awal sesuai dengan koordinat DIY. bisa ambil koordinat DIY lewat GoogleMaps

      Like

  15. mas mau tanya kalo peta nya kita buat sendiri dengan arcview apakah bisa, tanpa harus dengan google maps tq ..”urgent” kirim email ke doddyballacksdamhudi@ymail.com atau

    Like

  16. kang nanya ya…

    q mau ganti google maps dengan gambar saja, dengan icon marker nya tetap ada saat di klik di gambar gimana ya kang…

    googlemaps nya di ganti dengan objek gambar statis sja, kayak peta kota di dinding sekolah gitu…nah pas kita klik icon marker nya, icon tersebut tetap tersimpan dan nempel

    gimana kang, q udah ubah di settingan ajax pada file peta.php eror terus….

    tolong pencerahan nya…urgent.

    Like

  17. mas, saya mau nanya… kenapa ketika saya klik data bencana dan yg lain kok muncul sepert ini :
    Notice: Undefined variable: d in D:\xampp\htdocs\google-gis-ri32\data-provinsi.php on line 78

    mohon pencerahan.. terima kasih..

    Like

    • Itu karene variabel d belum didefinisikan sebelumnya 😀

      Like

  18. assalamualaikum wr.wb
    mas ane mau tanya kalo GISnya itu untuk memunculkan peta sebagian saja misal bagian sumatera tapi untuk di terapkan di sistem semacam kebun binatang itu bagaimana ya mas???

    Like

  19. mas mau tanya, kok muncul seperti ini
    Undefined index: page in C:\xampp\htdocs\google-gis-ri32\index.php on line 120
    mohon bantuannya

    Like

  20. mas agus, bagaimana cara y jika ditambahi dengan model petunjuk jalur jalan menuju ke lokasi yg kita klik icon lokasi dari lokasi kita berada.

    terima kasih

    Like

  21. mas login usernname dan paswordnya apa ya mas ???

    Like

  22. mas mau tanya itu di peta.php seharusnya dalam peta muncul marker bencana/tidak? lalu dalam kolom jendela info untuk menampilkan apa? saya tidak bisa muncul sama sekali untuk tabel jendela info,namun tidak ada notif error apapun. mohon penjelasannya terimakasih

    Like

  23. source code editnya apa mas saya cari di google nggak ada yg cocok

    Like

  24. mas source code editnya apa di google nggak ada cocok ??

    Like

Leave a Reply

