Bekerja itu Ibadah


Latar Belakang

Prinsip hidup saya adalah Dzikir, Fikir, dan Ikhtiar. Dan bagi seorang muslim bekerja atau berikhtiar merupakah suatu ibadah. Allah SWT memberikan penghargaan dan kabar gembira bagi orang-orang yang mau berikhtiar.

Dalil mengenai Bekerja

Dan katakanlah : “BEKERJALAH kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakanNya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS At-Tawbah : 105).

“Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka KERJAKANLAH dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”. (QS. Al Insyirah: 7)

”TIDAK ADA yang lebih baik bagi seseorang yang makan sesuatu makanan, selain makanan dari hasil usahanya. Dan sesungguhnya Nabiyullah Daud as, selalu makan dari hasil usahanya”. (HR. Bukhari)

”Sesungguhnya di antara dosa-dosa itu, ada yang TIDAK dapat terhapus dengan puasa dan shalat”. Maka para sahabat pun bertanya: “Apakah yang dapat menghapusnya, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: ”Bersusah payah dalam mencari nafkah.” (HR. Bukhari)

“Sesungguhnya seseorang di antara kamu yang berpagi-pagi dalam mencari rejeki, memikul kayu kemudian bersedekah sebagian darinya dan mencukupkan diri dari (meminta-minta) kepada orang lain, adalah LEBIH BAIK ketimbang meminta-minta kepada seseorang, yang mungkin diberi atau ditolak.” (HR. Bukhari & Muslim)

”Apabila kamu selesai shalat fajar (shubuh), maka JANGANLAH kamu tidur meninggalkan rejekimu”. (HR. Thabrani)

”Berpagi-pagilah dalam mencari rejeki dan kebutuhan, karena pagi hari itu PENUH dengan berkah dan keherhasilan.” (HR. Thabrani)

“Sesungguhnya Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang Mukmin dan berusaha”. (HR. Thabrani dan Baihaqi)

”Barangsiapa yang bekerja keras mencari nafkah untuk keluarganya, maka sama dengan PEJUANG dijaIan Allah ‘Azza Wa Jalla”. (HR. Ahmad)

“Sebaik-baik nafkah adalah nafkah pekerja yang HALAL.” (HR. Ahmad)

Bekerja itu Ibadah, Prestasi itu Indah…

Iringi bekerja dengan sholat dhuha, Gajian dengan sedekah, Tidur dengan Tahajjud (Ust.Yusuf Mansyur)

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cibubur, 13-09-2012

GusnaNuri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: