Bahaya Laten Pacaran


Seandainya kepala seseorang ditusuk dengan jarum dari besi, itu lebih baik dari pada menyentuh wanita yang tidak halal baginya. (HR.Thabrani)

Latar Belakang

Artikel ini saya buat atas keprihatinan di masyarakat dengan menyebarnya tabarruj dan budaya pacaran. padahal kita tahu pacaran itu dilarang dalam islam karena merugikan baik waktu, biaya, masa depan, iman, dan hati.

Serta keprihatinan atas teman-teman muslim dan muslimah yang mungkin sudah faham dengan hal ini, tapi masih melakukan pacaran.

Bagaimana rasanya jika dia sholat berdo’a kepada Allah, namun setelah sholat dia bergandengan tangan dengan lawan jenisnya.

Definisi

  1. Laten adalah bahaya tersembunyi yg terus-menerus mengancam.
  2. Pacaran adalah menjalankan suatu hubungan dimana dua orang bertemu dan melakukan serangkaian aktivitas bersama agar dapat saling mengenal satu sama lain. DeGenova & Rice (2005)

Ajaran Islam

  • Dan janganlah kamu mendekati zina. sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan sesuatu jalan yang buruk. (QS. Al-Isra : 32)
  • Janganlah seorang laki-laki berdua-duaan dengan wanita kecuali bersama mahramnya. (Bukhori dan Muslim)
  • Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu. (At-Tahrim : 6)
  • Wanita dinikahi karena empat alasan. Hartanya, keturunannya, kecantikannya, atau agamanya. Pilihlah karena agamanya, niscaya selamatlah engkau. (HR. Muslim)
  • Wahai sekalian para pemuda barang siapa diantara kalian telah mampu baah (menikah dgn berbagai macam persiapannya) hendak menikah karena menikah lebih menundukan pandangan dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah hendaklah puasa karena puasa merupakan pemutus syahwat baginya.  (HR. Bukhori)

Islam Sebagai Solusi

Didalam Islam terdapat ta’aruf sebagai cara yang baik untuk mencari pasangan hidup sesuai dengan aturan islam. sehingga tidak ada yang dirugikan jika memang ternyata orang tersebut bukan jodoh kita. Silahkan teman-teman bertanya ke ustadz-ustadzah atau membaca buku-buku islami tentang tata cara ta’aruf.

Yang terpenting adalah luruskan niat semata karena allah, bukan karena nafsu atau tujuan tertentu. Perbaiki diri, ilmu agama, dan ibadah. karena kita tahu yang baik hanya untuk yang baik.

Mendapatkan jodoh yang sholeh-sholeha harus dengan cara yang baik. Sehingga nanti menghasilkan generasi yang sholeh-sholeha yang menyejukan mata hati orang tua dan menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Yakinlah Allah telah menciptakan makhluk-Nya berpasang-pasangan. teruslah berikhtiar, istiqomah menjalankan ajaran agama, berdo’a mohon yang terbaik, sholat istikharah jika terdapat beberapa pilihan, selanjutnya tawakal serahkan semuanya kepada Allah.

Jika sudah cukup usia, sudah mempunyai pekerjaan sebagai tanggung jawab menafkahi keluarga, sudah siap mental untuk membina keluarga SAMARA (Sakinah-Mawadah-Warohmah), dan Allah pertemukan dengan jodoh yang baik, ditempat yang baik, dan dengan cara yang baik, serta mendapat ridho orang tua. Maka insyah Allah semua akan indah pada waktunya dalam ikatan pernikahan yang suci…aamiin

Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir (HR. Muslim)

Thanks to :

Sekian Artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cibubur, 2-10-2012

GusnaNuri

Advertisements

2 Responses

  1. Subhanallah….like this kang agus, semoga banyak yang baca tulisan ini, ane jg miris ngeliat kondisi sekarang. Izin share ya…
    🙂

    Like

  2. bener, pacaran sekarang ini sudah menjadi hal tidak asing lagi bagi remaja atau ABG. bahkan mereka tanpa malu malu menjalin hubungan itu, tidak jarang pula melakukan hal hal yg dilarang agama. yang lebih parah lagi bisa merusak ahlak & masadepan.

    setuju saya dengan artikel kang agus.. salam kenal

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: