View dan Edit File CSV dengan Software OpenOffice


Latar Belakang

Saya mempunyai case saat saya harus mengedit sebuah file csv dan menguploadnya kembali ke server.

Cara pertama, saya menggunakan software Ms.Excel untuk menampilkan dan mengedit file csv tersebut. Jika kita klik kanan file csv dan memilih ms.excel sebagai editornya, maka kita harus merubah dahulu file csv tersebut dari format text ke format colomn agar mudah dilihat. berikut adalah tutorialnya.

Namun cara pertama ini kurang berhasil, karena ketika saya save ulang file csv nya, ternyata formatnya dianggap berbeda. dan saya tidak bisa mengupload file tersebut ke server.

view-csv-ri32

Cara kedua, saya mencari software kecil untuk open view dan edit file csv. saya menemuka software CSVed 2.2.3. Namun software tersebut kurang powerfull dan kurang userfriendly.

software-edit-csv

Solusi

Saya coba untuk membuka file csv menggunakan software OpenOffice – Calc saya dapat dengan mudah mengedit, delete, ataupun insert record baru. Dan ketika saya mengupload kembali file csv yang sudah diedit tersebut ke server, ternyata berhasil.

openoffice-csv

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cilangkap, 02-04-2013

GusnaNuri

Leave a Reply

