Change Format Date PHP


Latar Belakang

Dalam membuat sebuah aplikasi, kita tidak bisa dilepas dari tipe data tanggal(date). Dalam bahasa pemrograman PHP terdapat format date

Tipe data tanggal bisa digunakan untuk memfilter data transaksi dan membuat laporan berdasarkan periode waktu.

Dalam artikel kali ini saya membahas tentang format date. dan terdapat referensi aplikasi yang berhubungan dengan tanggal menggunakan widget kalender.

Sample Code

<?php
$source = ’12-09-1987′;
$date = new DateTime($source);
echo $date->format(‘d.m.Y’);
echo “<br>”;
echo $date->format(‘d-m-Y’);
echo “<br>”;
echo $date->format(‘Y-m-d’);
echo “<br>”;
echo $date->format(‘d/m/Y’);
echo “<br>”;
echo $tanggal = date(‘Y/m/d’, strtotime($source));
?>

Referensi

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cilangkap, 13-04-2013

GusnaNuri

4 Responses

  1. Mas Agus,, saya mau konsultasi masalah TA..

    nama saya: Fery Kurniawan, berdomisili di Surabaya. dan saat ini saya lagi menjalani perkuliahan di Universitas Swasta daerah Surabaya.

    saya skg smster 8, dan skg saya binggung mencari judul TA. Basic saya PHP dan Web, itupun gara2 saya keseringan belajar dari File dari Blog mas RI32 yg mas upload.. bermanfaat bgt untuk saya mas,.. 🙂

    kira kira apa ya mas? judul yg cocok bagi saya.. terima kasih.

    Like

    • sudah pernah konsul ke dosen pembimbingnya?

      di kampus saya sendiri untuk tema web agak di batasi. contohnya untuk web tentang ecommers, atau elearning menggunakan PHP murni jarang di perbolehkan.

      adapun syarat boleh tema web asal menggunakan salah satu framework untuk membangunnya. misalnya pakai CI atau YII

      atau bisa membuat sebuah sistem web service.

      atau membuat pengembangan GIS dengan mapserver dan POSTGIS dan menggunakan suatu metode untuk mencari jarak terdekat di peta.

      kalau ide saya, membuat aplikasi petaniaga, ada unsur web servicenya, android, dan GIS nya. untuk GIS nya bisa menggunakan google map API

      https://ri32.wordpress.com/2009/12/31/judul-skripsi-anak-ti-mi-si-tkom-elektro/

      Like

  2. Buat sobat yang sedang mencari refrensi pembuatan website untuk Ujian Online silahkan mampir :

    http://www.asis-sugianto.com/berita-270-buku–membangun-aplikasi-ujian-online-sederhana-dengan-php–jquery.html

    Like

  3. Τ̲̣̣̥н̲̣̣̣̥a̶̲̥̅̊N̤̥̈̊к̲̣̣̥ y̶̲̥̅̊O̲̣̣̥u̶̲̥̅̊. Ÿ̲̣̣̣̥ɑ̤̥̈̊ªªªª gan…slama ini Ūđåћ ngasi banyak plajaran..

    Sent from BlackBerry® on 3

    Like

Leave a Reply

