Cara mengatasi penyakit mata ikan


Latar Belakang

Artikel ini berisi sharing informasi jika ada teman-teman yang sedang mengalami penyakit mata ikan.

Saya pernah mengalami penyakit mata ikan di telapa kaki sekitar 2 bulan, jika berjalan terasa sakit. sempat di sarankan untuk operasi kecil ke puskesmas, namun saya tidak mau. saya memilih untuk menggunakan obat yang ada.

Awalnya saya memakai obat mata ikan di apotek bernama callusol. namun sudah beberapa minggu belum ada hasilnya. yang ada kulit kaki disekitar mata ikan jadi terkelupas. itu terjadi mungkin  karena saya tidak benar menggunakan kapas untuk menutup mata ikannya.

Saya pun mencoba obat mata ikan cina. namun karena obat ini menimbulkan warna merah di telapak kaki. saya jadi kurang nyaman jika sholat berjama’ah di mesjid. saya pun menghentikan semua obat dan membiarkan mata ikan saya selama 1 bulan.

Solusi

Karena takut mata ikan saya semakin melebar, saya pun melanjutkan pengobatan menggunakan callusol.adapun cara pengobatan saya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan callusol dan cotton bud
  2. Menjelang tidur, bersihkan telapak kaki dengan sabun mandi agar bersih dan tidak ada kuman di kaki.
  3. Keringkan telapak kaki dengan kain sampai telapak kaki benar-benar kering.
  4. Teteskan callusol dengan menggunakan cotton bud tepat pada bagian mata ikan.
  5. Oleskan dan ratakan callusol pada seluruh permukaan mata ikan. dan tunggu sampai permukaan mata ikan tersebut menjadi putih.
  6. Saya tidak menggunakan kapas dan plester untuk menutupi permukaan mata ikan yang sedang di obati. karena dari pengalaman saya plesternya suka lepas saat tidur.
  7. Ketika mandi dipagi harinya, bersihkan mata ikan tersebut dengan sabun sampai bekas putih callusol nya hilang. pakai sikat gigi bekas jika perlu untuk membersihkannya.
  8. Tujuannya, agar saat wudhu tidak ada yang menghalangi telapak kaki dari air wudhu dan saat sholat berjama’ah di mesjid tidak terlihat bercak putih di telapak kaki.
  9. Saat beraktifitas kerja, saya tidak menggunakan callusol karena saya hanya menggunakannya saat akan tidur saja. dan agar mata ikan tersebut cepat kering dengan alaminya.
  10. Berjalan beberapa hari biasanya permukaan mata ikan tersebut akan mati dan terkelupas.
  11. Untuk membersihkan kulit mati mata ikan, sebaiknya dilakukan jika sudah di rumah. saya membersihkannya biasanya menggunakan kuku jari tangan.
  12. Silahkan ulangi langkah 1 sampai langkah 11. sampai rasa sakit karena mata ikan berangsur hilang dan permukaan kulit mata ikan sedikit demi sedikit terganti dengan kulit telapak kaki yang baru.
  13. Tidak perlu setiap hari menggunakan callusol, bisa bergantian hari. yang penting rutin, sabar, dan berdo’a semoga lekas sembuh.

Penyebab Mata Ikan

  • Virus Human Papillomavirus (HPV)
  • Sering memakai sepatu yang tertutup dan sempit
  • Menggunakan alas kaki yang tidak sesuai ukuran (terlalu kecil)
  • Saat berjalan terjadi penekanan dan gesekan secara terus menerus dan berlebihan antara telapak kaki dan alas

Cara Mencegah Mata Ikan

  • Menjaga kebersihan kaki
  • Upayakan agar kaki tidak lembap
  • Setelah bepergian selalu bersihkan kaki dengan cara mencuci dan mengeringkannya

Syafakillah/syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman, Artinya “semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya”…aamiin

Referensi :

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cilangkap, 11-05-2013

GusnaNuri

2 Responses

  1. Mata ikan sungguh mnyiksa

    Like

  2. Terima kasih atas sarannya. Nyeri banget dengan penyakit ini 😦

    Like

Leave a Reply

