Fungsi Checksum untuk Pengujian Integritas Berkas


Definisi Integritas Berkas

File atau berkas adalah representasi program dan data yang berupa kumpulan informasi yang saling berhubungan dan disimpan diperangkat penyimpanan. Sistem berkas ini sangatlah penting. Karena informasi atau data yang disimpan dalam berkas adalah suatu yang sangat berharga bagi pengguna. sedangkan integritas file berkaitan dengan jaminan informasi pada file tidak corrupt.

Fungsi Checksum

Mungkin kita sering melihat informasi nilai checksum pada file yang ingin kita download dari website. Contohnya jika download software dari filehippo, disebutkan berapa nilai MD5 checksum dari software tersebut. Sebenarnya banyak fungsi checksum (hash) yang umum digunakan, seperti : MD5, SHA1, SHA256, CRC32, dll.

Nilai checksum ini digunakan untuk pengecekan integritas dan keaslian file. Contohnya jika kamu telah men-download file,software,dll.. ke harddisk, dan mendapatkan nilai checksum-nya tidak sama dengan yang tertera pada website, hal itu merupakan indikasi bahwa file telah berubah, bisa jadi karena virus, corrupt, atau hal lainnya. Karena perubahan walau 1 bit pada file akan menyebabkan nilai checksum berubah.

Tools Checksum

Banyak software-software yang bisa digunakan untuk memeriksa nilai checksum pada suatu file, dari sekian software yang saya coba, tertarik sama yang satu ini : HashTab.

capture-checksum-ri32-hash

HashTab menyediakan cara mudah untuk men-verifikasi integritas dan keaslian dari suatu file. Karena ketika diinstal, langsung berintegrasi dengan Windows Explorer, tinggal diarahkan saja ke file yang kita mau lihat nilai checksum-nya > klik kanan > Properties > File Hashes, sudah langsung keluar nilai hash checksum-nya.

capture-checksum-ri32

Software ini juga langsung membaca eksekusi keyboard/mouse perintah Copy (Ctrl+C) pada nilai checksum yang tertera pada website, atau yang sudah di copy paste, misalnya ke Notepad. Maka software ini akan langsung memberikan keterangan secara otomatis. Jika nilainya sama, maka akan ada tanda checklist hijau.

capture-checksum-ri32-2

Referensi

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Cilangkap, 14-12-2013

GusnaNuri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: