Pengenalan Raspberry Pi & Raspbian


raspbian-ri32-logo

Latar Belakang

Saya suka tentang Robotika dan kebetulan di tempat saya bekerja sekarang, ada rekan kerja yang mengerti tentang robotika. sayapun mulai berkenalan dengan Perangkat Raspberry dan sistem operasi Raspbian.

Pengenalan Raspberry Pi

Raspberry Pi (Raspi) adalah modul micro computer yg juga mempunyai  input output digital port seperti  pada board microcontroller. Diantara kelebihan Rasberry Pi dibanding board microcontroller  yang lain yaitu mempunyai Port/koneksi untuk display berupa TV atau Monitor PC serta koneksi USB untuk  Keyboard serta Mouse. Raspberry Pi dibuat di inggris oleh Raspberry Pi Foundation. Pada awalnya Raspberry Pi ditunjukan untuk modul pembelajaran  ilmu komputer disekolah.

Sedangkan untuk nama Pi sendiri merupakan inisial dari Bahasa pemrograman Python. Seiring dengan pesatnya perkembangan mini computer raspberry pi, makin banyak programmer yang kembali melirik bahasa pemrogramman yang sudah cukup tua, yaitu python. Python merupakan bahasa pemrogramman yang mengedepankan readability dan productivity. Mungkin hal tersebut yang membuat para pengembang raspberry pi memilih Python sebagai bahasa pemrogramman yang mereka gunakan dalam pembuatan perangkat lunak yang bisa mengontrol board mereka. Python mulai diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 80an. Sejarah lengkapnya dapat dibaca pada wikipedia python.

Pengenalan Raspbian

Raspbian (Raspberry Debian) adalah sistem operasi gratis yang berdasarkan pada Debian dan dioptimisasi untuk perangkat keras Raspberry Pi. Sebuah sistem operasi adalah satu set program dasar dan program kegunaan (utility) yang membuat Raspberry Pi Anda dapat bekerja. Namun, Raspbian menyediakan lebih dari sekedar sistem operasi murni. Raspbian datang dengan lebih dari 35.000 paket program, bundel perangkat lunak yang telah di pra-compile dalam format yang bagus agar mudah dipasang pada Raspi Anda.

Sebagai catatan, Raspbian tidaklah berafiliasi dengan Raspberry Pi Foundation. Raspbian diciptakan oleh tim kecil yang berdedikasi yang merupakan penggemar dari perangkat keras Raspberry Pi, tujuan pendidikan dari Raspberry Pi Foundation dan, tentunya juga dari Debian Project. Raspbian merupakan sistem operasi umum yang paling banyak orang gunakan pada Raspberry Pi, sebagian besar proyek dan tutorial tentang Raspberry Pi yang mungkin Anda temui akan menggunakan sistem operasi ini.

Perangkat yang dipakai

Dalam project ini saya menggunakan Raspberry Pi versi 3 yang sudah include dengan wireless adapter. Syukran jazakallah bi khoir untuk rekan saya yang sudah meminjamkan “mainannya”. untuk mengetahui harga raspberry Pi bisa liat-lihat di bukalapak.com

Raspberry Pi versi 3

Raspberry Pi versi 3

Referensi :

Sekian artikel dari saya. semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

 

KangAgus

Bogor, 23-08-2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: