Mengenal Computer Vision Syndrome (CVS)


Latar Belakang

Saya mengetahui istilah Computer Vision Syndrome (CVS) saat saya memeriksa mata saya ke dokter mata, ketika diperiksa Alhamdulillah mata saya masih normal, namun saya sering merasakan pandangan kabur, mata pegal. Dokternya bilang mungkin itu gejala CVS.

Pengenalan 

Computer vision syndrome (CVS) adalah masalah mata dapat ditimbulkan oleh penggunaan komputer. CVS bukanlah satu masalah mata yang spesifik tetapi merupakan kumpulan gejala nyeri dan kelelahan pada mata yang dialami oleh pengguna komputer.

Menurut riset, masalah mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer relatif banyak terjadi. Sekitar 50% sampai 90% mereka yang bekerja di depan komputer mengalami sedikitnya satu gejala yang berhubungan dengan mata.

CVS tidak hanya dialami oleh orang dewasa tetapi juga anak anak yang setiap hari bermain video game portabel dan belajar menggunakan komputer di sekolah. CVS terutama terjadi bila cahaya ruangan, posisi komputer dan layar komputer yang digunakan tidak ideal.

Penyebab 

Monitor Komputer memancarkan cahaya / emisi biru yang sama halnya dengan sinar UV pada matahari, Warna / sinar tersebut adalah yang paling berbahaya untuk bisa menembus sampai retina dan merusak mata daripada warna/cahaya yang lain.  Tapi Penelitian menemukan fakta bahwa warna biru yang umumnya dihasilkan layar display seperti HP, Tab, dan Monitor  menjadi sumber kerusakan mata terbesar yang sangat mungkin menyebabkan gangguan tidur, sakit kepala, mata lelah, mata berair, bahkan kerusakan mata permanen.

Bekerja di depan komputer memerlukan mata yang selalu fokus sehingga kita bisa melihat obyek di layar komputer dengan jelas. Saat bekerja kita juga kadang menoleh kertas sebelum kembali mengetik di layar komputer. Kondisi ini membuat mata selalu berupaya untuk mengubah ubah akomodasi mata sehingga kita selalu dapat melihat dengan jelas.

Kondisi ini membutuhkan kerja keras otot otot mata. Bekerja di depan komputer memberikan tantangan yang lebih besar bagi mata dibandingkan dengan membaca buku karena layar komputer sangat berbeda dengan kertas. Untuk menampilkan obyek, layar komputer memerlukan pengaturan kontras, flicker (kedip) dan pancaran cahaya. Masalah mata yang terjadi karena penggunaan komputer terutama terjadi pada mereka sudah memiliki masalah pada mata, seperti rabun jauh atau astigmatisme. Masalah mata juga terjadi pada mereka yang berkacamata tetapi tidak menggunakan kacamata saat berada di depan komputer.

Gejala-gejala

Gejala-gejala (symptoms) CVS diantaranya adalah perasaan tidak nyaman pada mata, mata lelah, kelopak mata terasa berat, mata memerah, mata terasa kering, gatal, dan/atau panas, penglihatan kabur atau membayang (double vision), mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan sakit kepala (pusing).

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui gejala CVS adalah mengamati/memperhatikan bahwa frekuensi  kedipan mata berkurang ketika kita menatap layar komputer dibandingkan dengan sebelum menggunakan komputer.

Apabila gejala-gejala ini diabaikan, bisa mengarah kepada gangguan mata yang serius. Dr Masayuki Tatemichi, dari Toho University School of Medicine, Jepang, bersama timnya pernah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa CVS bisa menjadi glaukoma (kerusakan syaraf optik mata) yang dapat berujung kepada kebutaan.

Tips Mengatasi CVS

Untuk mengatasi Computer Vision Syndrome ini, kita bisa melakukan 11 langkah sederhana yang diketahui dapat membantu meredakan keluhan CVS :

  1. Selalu perhatikan durasi Anda berhadapan dengan komputer dan jenis lainnya.
  2. Gunakan cahaya ruang yang sesuai
  3. Gunakan display yang nyaman
  4. Lebih sering berkedip
  5. Gunakan kacamata khusus komputer
  6. Perhatikan posisi komputer
  7. Sesuaikan komputer dengan perkembangan jaman
  8. Konsumsi vitamin dan lakukan relaksasi
  9. Bersihkan layar komputer Anda
  10. Sesuaikan meja kerja Anda
  11. Rutin periksakan mata Anda

Penutup

Bagi saya dan teman-teman programmer membutuhkan waktu berjam-jam di depan komputer untuk menganalisa, memikirkan algoritma, dan mengetik coding sampai menghasilkan sebuah Aplikasi.

Ketika datang waktu sholat, maka selayaknya kita gunakan waktu tersebut untuk istirahat sejenak dan beribadah. karena didalam ibadah sholat terdapat manfaat yang besar bagi yang mendirikannya berupa jiwa yang tenang dan tubuh yang sehat…Insya Allah

 

Bogor, 13 September 2017

Kang Agus

Advertisements

2 Responses

  1. duh nuhun kang, in syaa alloh manfaat..

    Like

    • Sami2 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: