• Assalamu’alaikum

    Setiap manusia lahir dalam keadaan tidak berilmu. maka “Bacalah” dan “Ikatlah” Ilmu dengan Tulisan.

    “I am a Muslim…i want to be a Blogger, i want to be a Socialpreneur”

  • Kategori Tulisan

  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog Ri32 dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email anda. Jika sudah bosan silahkan unsubscript.
    Terima kasih... : )

    Join 773 other followers

  • RSS Sahabat Al-Aqsha

    • 224.948 Warga Sipil Tewas di Suriah Kurun 2011-2019, Termasuk 29.017 Anak
      SYRIAN Network for Human Rigths mencatat, sejak tahun 2011 sampai 2019, jumlah korban warga sipil yang tewas akibat krisis berkepanjangan di Suriah mencapai 224.948 orang. Jumlah tersebut mencakup korban tewas […] The post 224.948 Warga Sipil Tewas di Suriah Kurun 2011-2019, Termasuk 29.017 Anak appeared first on Sahabat Al-Aqsha.
    • Serangan Rezim dan Sekutunya Kembali Meningkat, Ratusan Ribu Warga Suriah Menyelamatkan Diri
        LEBIH dari 350.000 warga Suriah telah melarikan diri dari serangan baru yang dibekingi Rusia, di provinsi Idlib yang dikuasai oposisi, sejak awal Desember 2019. Kamis (16/1/2019), PBB mengatakan bahwa […] The post Serangan Rezim dan Sekutunya Kembali Meningkat, Ratusan Ribu Warga Suriah Menyelamatkan Diri appeared first on Sahabat Al-Aqsha.

Mengenal Essential Oil dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Mengenal Essential Oil

Essential oil adalah minyak yang berasal dari hasil penyulingan tumbuhan. Bagian dari tumbuhan yang disuling menjadi minyak ini bisa macam-macam. Ada yang dari bagian batang, daun, bunga, hingga akarnya. Jadi, essential oil itu benar-benar murni dan punya sifat konsentrasi yang tinggi. Buat bayangan saja, butuh 30 kuntum bunga mawar untuk menghasilkan 1 tetes essential oil mawar. Setiap jenis minyak esensial membutuhkan bahan baku dalam jumlah yang berbeda-beda. Itulah mengapa harga setiap jenis essential oil tidak bisa dipukul rata.

Penggunaan minyak atsiri untuk aromaterapi, bahkan kesehatan sebenarnya sudah banyak dilakukan sejak zaman dahulu. Namun memang dalam sekian tahun terakhir ini essential oil naik daun lagi karena mulai banyak kesadaran masyarakat akan gaya hidup yang lebih sehat dan alami.

Manfaat Bagi Kesehatan

Lavender
Aroma: floral, manis, segar
Aroma lavender cukup lembut dan familiar. Jadi seharusnya lumayan gampang untuk diterima buat yang baru mencoba essential oil. Manfaatnya juga banyak sekali, antara lain untuk relaksasi, meringankan sakit kepala, menghalau serangga sekaligus menyembuhkan bentol gigitan serangga.

Peppermint
Aroma: segar, manis, minty
Peppermint punya banyak manfaat dari mulai meningkatkan fokus, meringankan sakit kepala, mual, batuk, pilek, kembung hingga menyegarkan udara.

Lemon
Aroma: asam, segar, manis
Essential oil Lemon ini bermanfaat untuk menyaring udara jadi lebih bersih, anti bacterial dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu kenapa lemon sering ditemukan di produk-produk rumah tangga seperti sabun atau spray pembersih.

Berikut ini beberapa manfaat dari essential oil :

  1. Lemon menurunkan demam
  2. Lavender mengatasi sulit tidur
  3. Citronella meringankan rematik
  4. Ginger membantu meredakan asma
  5. Patchouli mengurangi rambut rontok
  6. Clove bud mengurangi sakit gigi gusi
  7. Peppermint meredakan flu dan migrain
  8. Lemongrass meredakan nyeri menstruasi
  9. Tea tree membantu penyembuhan jerawat
  10. Bergamot meringankan gangguan pencernaan

Cara Pemakaian

Pertanyaan yang sering muncul dari teman-teman yang masih penasaran dengan essential oil biasanya adalah bagaimana memakainya. Ada beberapa metode aplikasi essential oil.

  1. Menggunakan diffuser
    Cara aplikasi yang umum dipakai adalah dengan menggunakan diffuser, alat yang berfungsi menyebarkan essential oil di udara sekitarnya. Diffuser terdiri dari beberapa jenis, namun jenis yang paling sering digunakan adalah ultrasonic diffuser. Nah, gimana sih memilih diffuser yang tepat? Kalau menurut saya kembali lagi lihat dari kebutuhannya. Diffuser dengan kapasitas air 100ml cukup untuk ruangan seluas 3x4m. Kalau ruangan yang akan kamu pasang diffuser lebih luas dari itu, sebaiknya pilih yang kapasitas airnya lebih besar supaya daya sebarnya juga lebih luas.
  2. Menggunakan carrier oil
    Essential oil juga bisa diaplikasikan ke kulit namun harus diencerkan terlebih dahulu menggunakan carrier oil. Carrier oil adalah minyak yang berasal dari bagian tumbuhan yang memiliki kandungan lemak tinggi, misal bagian biji atau daging buah. Biasanya diekstraksi dengan teknik cold-pressed. Jenis carrier oil yang cukup sering digunakan adalah Jojoba, Virgin Coconut, Almond dan Grapeseed. Saya sendiri paling suka pakai Jojoba karena teksturnya yang ringan, gampang meresap dan hampir nggak berbau. Umumnya, dibutuhkan satu sendok teh carrier oil untuk 1 tetes essential oil.

  3. Menggunakan roller ball
    Kalau butuh cara aplikasi yang praktis, paling enak pakai botol roller ball yang biasanya berukuran 10ml. Botol roller ball ini diisi carrier oilsampai penuh lalu masukkan sekitar 10 tetes essential oil pilihanmu. Praktis banget karena pas butuh tinggal diolesin atau dihirup saja.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Bogor,10-04-2019

KangAgus

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: