Hosting


ri32-free-hosting

Bagi para pemula yang belajar membuat aplikasi berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Tahap selanjutnya adalah belajar untuk mengupload aplikasi web ke sebuah hosting.

Dari pengalaman saya selama belajar membuat website, ada 2 situs penyedia layanan hosting gratis atau free yaitu 000webhost dan Byethost. maka selanjutnya saya akan membahas perbandingan antara 2 penyedia web hosting tersebut.

Free Hosting : 000webhost

Registrasi : Saat jaman kuliah saya dulu membuat account 000webhost lumayan sulit. karena dari beberapa kali coba registrasi. ada beberapa yang kemungkinan di approve. mungkin karena masih keterbatasan sumber daya servernya. Tapi saat ini saya merasakan kemudahan saat registrasi account di 000webhost.

Cpanel : Untuk cpanelnya lebih simple karena fokus ke file manager, database manager, dan email manager. di file managernya ada fitur untuk extract file zip. untuk account FTP nya ada di menu setting=>general.

Database :  Untuk databasenya sudah menggunakan mariaDB atau MySQLimprove. sehingga jika kita mempunyai aplikasi web yang dibuat menggunakan database MySQL versi lama. kemungkinan gagal koneksi. karena semua fungsi koneksi dan fungsi querynya harus di konversi menjadi mysqli. Namun ini cocok untuk aplikasi web yang menggunakan framework Codeigniter. karena driver di framework tersebut sudah diseting default menggunakan mysqli. Keunggunakan lain 000webhost databasenya mendukung pembuatan table view. Sehingga untuk aplikasi web yang didalamnya menggunakan tabel view untuk menampilkan data, maka itu tidak ada masalah.

Free Hosting : Byethost

Registrasi : Selama saya menggunakan Byethost untuk web demo tidak ada masalah. Satu account email gmail dapat digunakan untuk registrasi beberapa account free hosting di byethost.

Cpanel : Untuk tampilan cpanelnya sama seperti cpanel hosting yang berbayar. Biasanya password database dan FTP sama dengan password login ke cpanel.byethost.com

Database : Untuk database saya cek sudah menggunakan MySQLi namun untuk aplikasi web yang menggunakan database MySQL versi lama masih bisa berjalan dengan baik. Sehingga keuntungannya kita tidak perlu konversi coding untuk fungsi koneksi dan querynya. Namun kekurangan dari Byethost adalah pembatasan untuk membuat tabel view didatabase. Sehingga otomatis aplikasi yang menggunakan tabel view tidak dapat berjalan.

Keuntungan Free Hosting :

  • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk demo aplikasi web.
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk domain karena sudah include.

Kekurangan Free Hosting :

  • Kadang server dalam keadaan down.
  • Keterbatasan dari jumlah database yang dibuat.
  • Keterbatasan dari space tempat penyimpanan hosting.
  • Database tidak dapat diatur account user dan privillagenya.
  • Terdapat issue kebocoran data atau keamanan yang tidak terjamin.

Kesimpulan 
Menggunakan free hosting disesuaikan dengan kebutuhan. Karena semua ada kekurangan dan kelebihannya. Free hosting lebih cocok untuk web yang datanya tidak sensitif.

Sedangkan untuk web yang komersial atau berupa web profile maka disarankan menggunakan hosting yang berbayar. Silahkan dibaca Tips memilih penyedia layanan hosting sesuai budget.

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Advertisements
%d bloggers like this: